Follow kami di google berita

Cegah Penyebaran Covid-19 Pasca Mudik, Penumpang Pesawat di Rapid Test

A-News.id, Teluk Bayur – Tim gabungan satgas penanganan covid-19 Kabupaten Berau melaksanakan, penjagaan di Bandara Kalimarau, Teluk Bayur dengan melakukan rapid test antigen secara acak kepada penumpang pesawat yang datang dari luar daerah. Giat itu dimaksudkan, untuk mengantisipasi agar lonjakan kasus covid-19 tidak kembali meningkat, Jumat (6/5/2022).

Tim gabungan itu, terdiri dari TNI-Polri, BPBD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PMI, Tenaga Kesehatan dan Petugas Bandara Udara Kalimarau. Secara bergantian, para penumpang yang masuk ke jalur kedatangan, ditanya satu persatu oleh petugas. Yang selanjutnya akan diarahkan mengikuti rapid test sesuai dengan arahan oleh Kepala Pelaksana BPBD Berau, Thamrin.

Kepala Pelaksana BPBD Berau, Thamrin menuturkan, giat itu dilaksanakan sebagaimana, Surat Edaran Gubernur Kalimantam Timur Nomor: 440/3680/0501-IV/B.Kesra tentang pengendalian penyebaran covid-19 di masa mudik lebaran tahun 2022 bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPDN).

Serta surat satuan tugas penanganan covid-19 provinsi Kalimantan Timur dan juga surat Dinas Kesehatan Kalimantan Timur Nomor 443/1192/Yankes/IV/2022 tentang fasilitas pemeriksaan rapid test antigen.

“Karena kita ketahui bersama, bahwa melihat situasi pandemi covid-19 di provinsi Kalimantan Timur kan sudah mulai kondusif dan melandai, ini yang harus kita pertahankan,” demikian ujar Thamrin.

Sebagaimana prosedur pelaksanaannya, rapid test tersebut ditujukan hanya untuk penumpang yang berasal dari luar provinsi Kalimantan Timur, yang baru melaksanakan vaksin dosis pertama dan kedua serta belum antigen di daerah asal keberangkatannya. Sementara, bagi yang sudah melakukan vaksin hingga dosis ketiga, maka tidak lagi dilakukan rapid test oleh petugas.

Lanjut Thamrin, apabila dari hasil pemeriksaan tenaga kesehatan, ada ditemukan gejala positif covid-19 maka, tindakan yang dilakukan oleh satgas selanjutnya adalah dengan mengarahkan orang yang bersangkutan untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

“Pelaksanaan ini kita gelar selama tiga hari. Jadi ini khusus hanya untuk warga yang datang dari luar Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Diantara warga menyambut baik dengan adanya langkah antisipasi yang dilakukan oleh satgas covid-19 Kabupaten Berau, warga mengaku, tindakan tersebut sudah cukup baik untuk mencegah terjadinya kembali lonjakan kasus covid-19 pasca mudik lebaran.

“Dari pengalaman saya ini baru pertama kali ada antigen di pintu kedatangan, ini langkah yang cukup bagus. Dan bagi saya ini tidak masalah, meskipun harus menunggu beberapa saat, karena kan tesnya gantian,” ujar salah seorang warga dari kota Makassar, Sulawesi Selatan, Awnur. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel