Follow kami di google berita

Empat Titik RTH di Tanjung Redeb Dibangun Tahun Ini

A-News.id, Tanjung Redeb – Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun di empat titik wilayah perkotaan Kabupaten Berau kini dalam proses pengerjaan. Penyelesaian RTH ini diperkirakan akan rampung pada akhir Desember.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Mustakim, menjelaskan bahwa pembangunan RTH ini didirikan dengan tujuan menyediakan ruang umum bagi masyarakat Kabupaten Berau.

Adapun empat titik RTH yang dibangun yakni di Jalan Perjuangan, Eks PDAM Bukit Maritam, Jalan Murjani III Korpri 1612, dan Jalan Murjani III Korpri 1250.

“Jadi nanti konsepnya itu seperti ruang terbuka hijau, tanpa pagar, dan dijadikan sebagai tempat berkumpul massa,” ujarnya Senin (4/12/2023).

Dikatakannya, pembangunan RTH ini menggunakan Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBH-DR) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kebersihan (KLHK) RI.

“Jadi karena DBHDR itu masuk dalam anggaran perubahan, maka kontraknya itu sampai tanggal 27 Desember. Harusnya bisa selesai semua. Namun komitmen dan kesepakatan kami adalah ketika masuk tanggal 24 Desember 2023 progresnya sudah harus dihitung semua, lalu kita bayar sesuai dengan progres yang sudah dikerjakan,” bebernya.

Mustakim mengakui, pengerjaan beberapa RTH ini baru berjalan tiga bulan. “Makanya waktunya mepet,” ujarnya.

Lanjutnya, jika proyek ini belum bisa selesai di tahun ini, maka akan dilanjutkan di tahun yang akan datang dengan menggunakan anggaran yang baru.

“Tapi mudah-mudahan selesai tahun ini,” imbuhnya. (jo/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel