Follow kami di google berita

Kawasan Pulau Derawan Bakal Dibangun Bandara Perairan

A-News.id, Tanjung Redeb – Bandara perairan (waterbase) dan operasional pesawat terbang laut atau apung (seaplane) direncanakan akan dibangun di kawasan Wisata Kabupaten Berau.

Kepala Kantor Badan Layanan Umum Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Kalimarau, Ferdinan Nurdin, mengungkapkan bahwa Program Water Base dan Seaplane merupakan program yang dicanangkan langsung oleh Kementrian Perhubungan.

“Waterbase ini merupakan programnya pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Perhubungan, yang sampai saat ini ada 10 bandara di Indonesia yang memiliki Waterbase” Katanya saat diwawancarai, Senin (4/12/2023).

Ia kemudian menambahkan bahwa Kabupaten Berau juga masuk dalam kandidat daerah yang akan dibangun Waterbase dan Seaplane ini. Tambahnya, bahwa peluang ini ada karena Bandara Berau merupakan bandara yang berada di bawah naungan langsung oleh Kementrian Perhubungan. Lokasi yang diwacanakan akan dilakukan pengoperasian Waterbase dan Seaplane adalah Pulau Derawan.

“Wacana lokasi yang akan dijadikan nanti antara Maratua atau Derawan. Tapi saya pikir lebih kepada Derawan yah. Karena kalau di Maratua kan sudah ada landasan pacunya” ucapnya.

Dijelaskan bahwa program pembangunan Waterbase dan Seaplane ini tidak akan diterapkan di semua pulau-pulau wisata Kabupaten Berau. Hal ini bertujuan agar moda transportasi yang lain, seperti speedboat tetap beroperasi. Sehingga dengan demikian perekonomian dapat terus tumbuh dan keadilan pun merata.

“Saya juga setuju bahwa jangan semuanya dilakukan Waterbase di pulau-pulau itu. Nanti kasihan moda transportasi lainnya” ungkapnya.

Ia kemudian menjelaskan bahwa program ini juga membutuhkan dukungan dan keterlibatan dari pemerintah daerah sebagai pemangku kebijakan.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, Muhammad Said, menyampaikan  bahwa Pemerintah Kabupaten Berau siap mendukung program tersebut. Menurutnya, dengan ditunjang oleh sarana transportasi yang baik dan cepat, seperti Waterbase dan Seaplane, tentu akan memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi pariwisata di Kabupaten Berau.

“Dengan ditunjang sarana transportasi yang baik dan cepat, rasanya itu akan lebih memudahkan dan memberikan nilai lebih bagi wisatawan yang ada di Kabupaten Berau,” ujarnya. (jo/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel