Follow kami di google berita

Dinas TPHP Berau Gerak Cepat Tangani Serangan Hama Wereng di Kampung Tanjung Prengat

A-News.id, Tanjung Redeb — Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (Dinas TPHP) Kabupaten Berau bergerak cepat menangani serangan hama wereng yang menyerang sejumlah lahan tanaman padi di Kampung Tanjung Prengat, Kecamatan Sambaliung.

Kepala Distanak Berau, Junaidi, mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari petani setempat terkait serangan hama wereng tersebut.

“Kami sudah menerima laporan dan langsung turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan,” kata Junaidi, Kamis (15/2/2024).

Berdasarkan hasil pengecekan, Junaidi mengatakan hama wereng telah menyerang padi di beberapa titik, untuk luas pastinya masih dikordinasikan dengan POPT.

“Saat ini kami masih berkordinasi dengan Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) untuk menghitung luas lahan dan dampak yang ditimbulkan akibat serangan hama wereng ini,” ujarnya.

Junaidi menjelaskan, hama wereng dapat menyebabkan kerusakan parah pada tanaman padi. Jika tidak segera ditangani, hama ini dapat menyebabkan gagal panen.

“Oleh karena itu, kami akan segera melakukan langkah-langkah pengendalian hama wereng ini,” tegasnya.

Langkah-langkah pengendalian yang akan dilakukan Distanak Berau antara lain dengan melakukan penyemprotan insektisida dan pemberian bantuan benih padi kepada petani yang terdampak.

“Kami juga akan melakukan sosialisasi kepada petani tentang cara-cara pengendalian hama wereng yang ramah lingkungan,” imbuhnya.

Junaidi berharap, dengan langkah-langkah yang dilakukan Distanak Berau, serangan hama wereng dapat dikendalikan dan petani dapat kembali bercocok tanam dengan normal. (yf*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel