Follow kami di google berita

Diberangkatkan, Jamaah Haji Berau Diimbau Jaga Kesehatan dan Kekompakan

A-News.id, Tanjung Redeb – Sebanyak 148 jamaah calon haji asal Kabupaten Berau dan 3 pendamping diberangkatkan melalui Bandara Kalimarau, Minggu (4/6/2023). Mereka diberangkatkan menuju asrama haji di Balikpapan dengan tiga penerbangan pada pukul 11.55 WITA, pukul 12.10 WITA, dan 13.15 WITA.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Berau, Aji Mulyadi, menganjurkan kepada seluruh jamaah calon haji asal Bumi Batiwakkal untuk menjaga kesehatannya selama pelaksanaan ibadah haji. Hal itu disampaikannya mengingat cuaca di Arab Saudi cukup panas.

“Jadi kita tahu cuaca di Arab Saudi kan cukup panas nih. Jadi saya anjurkan lebih banyak nanti untuk minum air putih,” ujarnya.

Para jamaah juga dianjurkan untuk menggunakan alat pelindung diri ketika berada di luar hotel, seperti payung, topi, masker dan alas kaki.

Selain itu, obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi juga dianjurkan dibawa oleh para jamaah. Namun obat-obatan tersebut, tegasnya harus sudah terdaftar di Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, melalui tim kesehatan.

Hal ini juga kata dia sudah disampaikan saat para calon jamaah haji melaksanakan manasik haji beberapa waktu lalu. Baik itu di manasik mandiri maupun di manasik yang dilakukan serentak.

“Kan ada juga tim kesehatan. InsyaAllah ini sudah disampaikan semua, baik masalah ibadahnya maupun upaya menjaga kebugaran tubuh maupun kesehatan,” jelasnya Mulyadi.

Kemudian untuk jamaah lanjut usia (lansia) akan menjadi skala prioritas dalam hal pelayanan. “Dalam artian kita petugas akan mendampingi mereka,” ujarnya.

Dikatakannya, selama di Tanah Suci, para jamaah nantinya akan didampingi pendamping dari Kemenag dan dokter dari tim kesehatan.

Di Arab Saudi, lanjutnya, juga ada Kesehatan Haji Indonesia. Ketika ada sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan jamaah, maka dokter akan berkomunikasi dengan tim kesehatan yang ada di Arab Saudi.

“Tapi Alhamdulillah hasil pemeriksaan kesehatan yang kami terima, seluruh calon jamaah haji sehat dan bisa diberangkatkan,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Berau, Gamalis, yang melepas para jamaah calon haji Berau mengimbau agar seluruh jamaah saling berkomunikasi dan menjaga kekompakan selama perjalanan ibadah haji di Tanah Suci.

“Saling berkoordinasi dengan sesama jamaah. Jangan sampai ada kejadian-kejadian jamaah yang tertinggal dan sebagainya,” ungkapnya.

Dia berharap jamaah calon haji selama di Tanah Suci betul-betul menjaga kesehatan dan mengikuti kaidah-kaidah dalam menjalankan ibadah dan bisa jadi haji Mabrur.

“Kita tidak ingin ada jamaah yang melakukan diluar rukun haji yang sudah ditetapkan, sehingga bisa menjadi haji mabrur,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, jamaah calon haji asal Berau diterima di asrama haji pada pukul 17.00 WITA. Kemudian akan diberangkatkan ke Arab Saudi besok (5/6) pukul 18.45 WITA. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel