Covid Naik Lagi, Kadinkes: “Tidak Perlu Cemas yang Penting Prokes”

A-News.id, Tanjung Redeb – Masyarakat diresahkan dengan peningkatan kasus covid-19 yang terjadi di berbagai daerah, untuk di Kabupaten Berau pemerintah setempat tetap bersiaga.

Dinas Kesehatan Kabupaten Berau hingga, Selasa (1/11/2022) terus memantau perkembangan kasus covid-19, itu dilakukan karena tiga daerah di Provinsi Kalimantan Timur mengalami peningkatan kasus yang cukup signifikan.

Tiga daerah tersebut yakni Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara yang saat ini berstatus zona merah, tentu ancaman daerah lain seperti Berau bisa saja terkena imbasnya.

Untuk itu Kepala Dinas Kesehatan Berau Totoh Hermanto menyebut, pihaknya tetap mewaspadai lonjakan kasus, hal utama yang dilakukan yakni meningkatkan pemantauan terhadap pasien yang isolasi mandiri karena ia menilai, pemantauan jangan sampai mengalami kelonggaran yang bisa menyebabkan pasien yang sedang menjalani masa perawatan tersebut dapat beraktivitas dengan bebas hingga berinteraksi dengan orang sekitarnya.

Termasuk kata Totoh, mengimbau agar masyarakat tidah lengah untuk mematuhi protokol kesehatan. Sebab saat ini dengan melandainya kasus membuat euforia masyarakat semakin tidak terkontrol bahkan mengabaikan prokes covid-19.

“Semua bebas, itulah salah satu faktornya, sehingga diperlukan bagaimana kesadaran semua lapisan masyarakat dan masing-masing individu agar bagaimana kita melindungi diri, dan bagi yang sudah terjangkit bagaimana melindungi diri orang lain,” jelasnya saat dijumpai di ruang kerjanya.

Lanjut Totoh, dirinya sudah menginstruksikan setiap tenaga kesehatan yang berada di tingkat kecamatan hingga kampung agar tetap aktif melakukan pemantauan di wilayah kerja masing-masing agar penularan dari orang ke orang bisa ditekan dengan cepat.

Selain puskesmas, koordinasi ke pemerintah kecamatan selaku satgas covid-19 juga telah dilaksanakan mengenai bagaimana untuk meningkatkan pengawasan.

“Untuk varian baru sampai saat ini belum ada terdeteksi,” tambahnya.

“Namun begitu kita imbau masyarakat agar tidak perlu cemas dengan kabar peningkatan kasus covid-19 ini, yang penting bagaimana caranya melindungi diri dengan prokes dan asupan makanan yang baik serta bagaimana agar bisa menjaga dengan lingkungan sosialnya,” katanya.

“Saya kira itu tidak usah dipermasalahkan jadi tidak perlu ditakuti,” tandasnya.

Dari data Dinas Kesehatan Berau, pertanggal 31 Oktober 2022 setidaknya ada 5 Kecamatan yang dikonfirmasi ada kasus covid-19 dengan zona berwarna kuning. Yaitu Teluk Bayur, Tanjung Redeb, Sambaliung, Gunung Tabur dan Biduk-Biduk dengan jumlah pengidap sebanyak 25 pasien. (mik)

Bagikan