Follow kami di google berita

Bupati Minta OPD Tuntaskan 18 Program Kerja Pemkab Berau, dan Targetkan Penghargaan WTP 5 Kali Berturut

A-NEWS.ID, TANJUNG REDEB – Memasuki tahun 2023, Bupati Berau, Sri Juniarsih meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menuntaskan 18 program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Serta, mempercepat penyusunan laporan keuangan agar bisa mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut.

“Kita sudah mendapatkan WTP sebanyak 4 kali berturut-turut. Prestasi yang sangat luar biasa jangan sampai mengulang dari awal. Mudah-mudahan pada 2023 ini kita bisa mendapatkan WTP untuk kelima kalinya,” ujarnya Senin (2/1/2023).

Ia juga mengingatkan untuk mempercepat penyusunan keuangan paling lambat Juni 2022. Dan mengevaluasi kembali guna memastikan tidak ada kesalahan yang bersifat material.

Lanjutnya, temuan pemeriksaan hasil pemeriksaan auditor eksternal dan internal pada 2022 untuk dijadikan acuan pedoman agar kesalahan tidak terulang kembali dan pastikan sudah ditindaklanjuti sesuai rekomendasi.

“Ketika ada kendala dan masalah yang tidak bisa diselesaikan di tingkat OPD, harus segera melakukan koordinasi, komunikasi dan konsultasi dengan berbagai pihak teknis agar lebih memahami masalah tersebut,” jelasnya,

Mengingat jumlah Anggaran Pendapatan Belanja Dearah (APBD) Berau tahun 2023 sebanyak Rp 3,6 Triliun diharapkan, berbanding lurus dengan peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Yang perlu disiapkan, yakni melakukan koordinasi internal dengan bawahan untuk percepatan pelaksanaan program dan kegiatan.

Pengguna anggaran perlu segera menetapkan rencana umum untuk pengadaan dan penyampaian kepada unit penyedia barang dan jasa.

“Yang perlu digaris bawahi proses lelang dimulai sejak awal Januari hingga Maret harus selesai agar pekerjaan dapat terealisasi tepat waktu. Program juga harus berpegang kepada pedoman dan aturan,” tegasnya.

Disebutnya, realisasi APBD 2022 sementara sebanyak 82 persen. Mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dalam rangka percepatan pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2023, ia meminta kepada kepala OPD untuk segera menetapkan PPK dan PPTK.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh OPD untuk memaksimalkan serapan anggaran dan program kerja bisa semua dilaksanakan. Setiap OPD harus memantau dan meninjau ulang seluruh pegawai supaya penyerapan anggaran bisa tuntas,” paparnya.

“Targetnya tahun depan bisa meningkat dan lebih maksimal lagi,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Berau untuk bekerja secara maksimal sebagai pelayan masyarakat.

Tentunya di tahun baru harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Ia juga berharap seluruh ASN memiliki prinsip yang selalu memperbaiki diri, selalu meningkatkan kinerja dan semangat.

“Tetap menjaga kesehatan dan taat prokes supaya tidak terjadi penularan Covid-19. Karena imunitas yang baik akan membawa kinerja menjadi baik juga,” pungkasnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel