Follow kami di google berita

9 Wisatawan Positif Covid-19, Dinkes Imbau Masyarakat Jangan Lengah Prokes

A-News.id, Tanjung Redeb – Wisatawan asal kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang berlibur ke Pulau Maratua terkonfirmasi positif covid-19. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (9/2/2022).

Kata dia, kasus covid-19 terhadap wisatawan ini diketahui, saat mereka melakukan tes antigen untuk keperluan keberangkatan ke Balikpapan seusai berlibur di Pulau Maratua. Dari tes tersebut diketahui menunjukkan hasil covid-19 nya reaktif. hasil serupa kembali didapatkan satgas saat para wisawatan tes PCR.

“Mereka saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di salah satu penginapan di kota Tanjung Redeb dengan pengawasan tim satgas dan petugas puskesmas,” kata Iswahyudi.

Iswahyudi menjelaskan, dari kronologis, awalnya pasien yang terkonfirmasi positif hanya tiga orang, kemudian dari hasil pelacakan (tracking) pada, Selasa (8/2/2022) berkembang menjadi 10, dan kemudian dilaporkan lagi ada tambahan 1 orang.

“Jadi total untuk klaster wisatawan ini ada 11 orang, 9 wisatawan dan 2 pemandu wisata,” imbuhnya.

Dengan situasi seperti itu, Iswahyudi menyebut, kalau kasus covid-19 di Bumi Batiwakkal perlahan mulai beranjak naik walau tidak begitu signifikan, serta tidak ada bedanya dengan daerah-daerah lain. Hanya saja, kata dia, bercermin dari kota-kota besar seperti Jakarta ATAU Balikpapan kemungkinan peningkatan dapat terlihat 1 hingga 2 minggu setelahnya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan varian covid-19 jenis omicron, Iswahyudi menegaskan hal tersebut sebenarnya tidak harus menjadi patokan masyarakat untuk berhati-hati. Karena baik varian Delta ataupun sebagainya, protokol kesehatan tetap menjadi kunci utama memutus mata rantai penularan covid-19.

“Apa bedanya mau itu omicron atau delta?. Kalau omicron kita mau bagaimana? terus kalau delta kita mau bagaimana? Sama saja kan, tetap saja prokes yang utama, bukan berarti kalau jenis omicron masyarakat malah lalai,” katanya.

“Kalau kita beramsumsi itu omicron paling tidak kita lebih waspada, karena virus covid-19 jenis ini sangat mudah dan cepat menular,” pungkasnya.

Dari data rekapitulasi Dinas Kesehatan Berau, jumlah tambahan kasus positif covid-19 ada 8 orang. Sementara 1 orang dinyatakan sembuh. Dengan total kasus saat ini berjumlah 40 orang. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel