Follow kami di google berita

10 Kelurahan Ikuti Perlombaan Kebersihan Lingkungan Tingkat RT

A-News.id, Teluk Bayur – Pagi ini pemandangan lingkungan rukun tetangga (RT) 25 Teluk Bayur nampak berbeda seperti biasanya suasananya cukup asri dan lebih bersih dibanding biasanya, rupanya itu merupakan persiapan yang dilakukan pihak RT dalam mengikuti lomba kebersihan lingkungan yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Kamis (25/8/2022).

Ketua Tim Perlombaan Kebersihan RT, Anwar menuturkan, lomba ini diikuti oleh 10 Kelurahan di 4 Kecamatan terdekat yakni Teluk Bayur, Tanjung Redeb, Gunung Tabur dan Sambaliung. Masing-masing dari kelurahan tersebut menunjuk 1 RT sebagai perwakilan.

Kata orang yang juga merupakan Kepala Bidang Kebersihan DLHK Berau tersebut, tujuannya digelarnya lomba tak lain adalah untuk meningkatkan kesadaran kebersihan dari lingkup terkecil seperti RT yang itu pun merupakan salah satu bagian dari program prioritas dinas ini dengan maskud agar masyarakat mampu bersinergi dalam mengelola lingkungan di sekitarnya.

Selain kebersihan lingkungan, adapun poin yang menjadi kriteria penilaian oleh tim juri diantaranya, jalur parit, pengelolaan pupuk kompos dan ruang terbuka hijau. Masing-masing dari kriteria tersebut, kata Anwar sudah memiliki ketentuan standar penilaiannya.

“Kami sudah melihat dan mengamati tadi, masing-masing lokasi yang ada di RT. 25 ini dan proses penilaian akan kami segera lakukan,” ujarnya kepada tim A-News.id di lapangan.

Perlombaan seperti ini pun disambut baik oleh pihak kelurahan. Momentum ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi RT yang lain yang ada di Kelurahan Teluk Bayur agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Kelurahan juga mengimbau setiap RT bisa selalu mempersiapkan diri menyambut berbagai perlombaan kebersihan seperti ini.

“Kebersihan ini kan merupakan kegiatan rutin warga cuma memang perlu dioptimalkan. Jadi kami dari pihak kelurahan memberi support bagi setiap agar lomba ini bisa menjadi pembelajaran bagi RT yang lain,” ujar Lurah Teluk Bayur, Saroni.

Sedangkan, Ketua RT. 25 Sugeng Irianto menyebut, persiapan yang dilakukan bersama dengan warganya yakni merutinkan gotong royong tiga kali dalam sebulan dan beberapa persiapan lain, seperti penataan taman dan lokasi pembuatan pupuk kompos.

“Dari RT sendiri, Alhamdulillah masyarakat yang itu terlibat sangat proaktif dan menyambut perlombaan ini persiapan yang kita lakukan berjalan lancar sampai saat ini,” katanya.

Bagi RT yang berhasil menjadi juara, nantinya dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) akan memberi hadiah berupa uang pembinaan untuk dimanfaatkan pihak RT, khususnya dalam pengelolaan kebersihan lingkungan dan berbagai kebutuhan lainnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel