Follow kami di google berita

Zona Baru untuk TPA Bujangga Masih Dicari

A-News.id, Tanjung Redeb – Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Bujangga, Kelurahan Bedungun, Kecamatan Tanjung Redeb kondisinya kian memprihatinkan. Warga yang berdomisili di sekitar menunggu gerakan pemerintah untuk segera menangani persoalan tersebut, Sabtu (14/1/2023).

Pasalnya tumpukan sampah yang menggunung tersebut semakin tidak terbendung bahkan sampai keluar di jalur keluar masuk truk pengangkut sampah.

Warga sekitar Saifullah misalnya, yang rumahnya tak jauh dari TPA Bujangga mengatakan, aroma tak sedap merupakan hal lazim yang ia rasakan saat musim hujan.

“Tak nentu, kadang bau kadang tidak, tapi yang paling sering itu pas lagi hujan kalau kita lihat memang TPA yang ada saat ini sampahnya sudah menumpuk sekali,” jelasnya.

Ditanya mengenai keadaan ini, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau Anwar mengatakan, untuk penanganan TPA Bujangga sejatinya sudah maksimal dilaksanakan secara bergotong royong, namun demikian untuk saat ini sampah di tempat penampungan memang sudah membludak.

Diakui Anwar, mengatasi persoalan tersebut pembangunan tempat penampungan baru di zona dua sudah direncanakan pada tahun 2023. Hanya saja karena berdekatan dengan lokasi pembangunan rumah sakit pihak DLHK terpaksa harus memaksimalkan zona satu untuk tempat menampung sampah.

“Untuk zona satu ini jangkanya bisa 1 sampai 2 tahun, tapi di tahun 2023 ini kami dari DLHK sedang berupaya mencari lokasi baru untuk pemindahan TPA,” katanya.

“Karena akan ada pembangunan rumah sakit terpaksa tidak jadi kita buka zona dua,” tambahnya.

Rencana pembukaan zona baru tersebut dikatakan Anwar harus segera terlaksana karena melihat kondisinya yang juga cukup riskan karena berdekatan dengan lokasi rumah sakit baru nantinya.

“Secara SDM kita sudah cukup namun yang menjadi masalah ini, kalau pengangkutan manual itu cuma dari sarana dan prasarana, apalagi dengan sekarang armada yang ada kondisinya sudah cukup tua,” jelas Anwar.

“Kalau pengangkutan (sampah) kami rutin tiap pagi dari jam 08.00 sampai 11.00 dan jam 14.00 siang sampai 16.00 Wita,” tandasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel