Follow kami di google berita

UPT Pemeliharaan Infrastruktur Milik DPUPR Berau di Kampung Harapan Jaya Terbengkalai, Kok Bisa?

A-News.id, Segah – Unit pelaksana teknis (UPT) pemeliharaan infrastruktur pekerjaan umum wilayah III, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau yang berlokasi di Kampung Harapan Jaya, Kecamatan Segah kondisinya kini terbengkalai, Jumat (3/12/2021).

Beberapa sudut bangunan di UPT tersebut nampak sudah mengalami kerusakan, mulai dari atap yang jebol, lantai penuh tanah, hingga halaman dekat bangunannya yang ditumbuhi semak belukar, sehingga nampak terlihat seperti bangunan kosong yang tak terurus.

Kepala Kampung Harapan Jaya Ali Sasmirul mengatakan, UPT yang dibangun sekitar tahun 2015 silam tersebut, saat masih baru, kegiatan operasionalnya masih berjalan lancar. Beberapa fasilitas seperti tempat parkir dan prasaran lain yang ada pun masih difungsikan sebagaimana mestinya.

Namun sejak wabah covid-19 yang menghantui selama dua tahun lamanya, unit teknis seluas kurang lebih 1 hekatre yang seharusnya berfungsi sebagai pusat pemantauan juga pemeliharaan infrastruktur itu pun menjadi terlantar. Ali menyayangkan jika aset pemerintah daerah yang cukup bagus itu tidak dipergunakan lagi.

“Belum saya pernah lihat adanya staf atau karyawan UPT yang kembali beraktivitas,” ujarnya.

Lantaran berdiri di atas wilayah Harapan Jaya, Ali Sasmirul sebagai Kepala Kampung pun menilai kalau dari sisi pembenahan sudah sepatutnya menjadi tanggung jawab pihak DPUPR Berau yang bertugas di UPT tersebut, sehingga bisa ditempati kembali.

“UPT tersebut terdiri dari 4 bangunan meliuputi perkantoran, perumahan staf, gudang dan tempat parkir,” tambah Ali.

Ali Sasmirul juga mengungkapkan, salah satu manfaat keberadaan gedung teknis pemeliharaan infrastruktur adalah paling tidak bisa mengcover perawatan akses jalan ataupun membantu kampung jika sewaktu-waktu membutuhkan alat berat untuk kebutuhan pengerjaan konstruksi.

“Setidak-tidaknya ada 1 orang yang ditugasi mengelola bangunan tersebut, supaya bisa membersihkan atau merawat UPT DPUPR yang ada di Kampung Harapan Jaya ini,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel