Follow kami di google berita

Ubah Pola dengan Sistem Penagihan, Ciptakan Pembayaran Retribusi yang Tertib

A-News.id, Tanjung Redeb – Menilai pembayaraan sewa yang kurang efektif, unit penyelenggara teknis dinas (UPTD) Pasar Sanggam Adji Dilayas Berau merubah pola pembayaran secara jemput bola, dari yang sebelumnya para pedagang menyetor pembayaraan ke kantor UPTD pasar, Selasa (10/1/2023).

Kepala UPTD Pasar, Syaidinoor menjelaskan, pola tersebut diubah dengan berbagai pertimbangan, yakni tidak terpenuhinya target pendapatan di tahun lalu, ditambah alasan pedagang yang kerap kali mengeluh dengan lokasi pembayaran yang jaraknya jauh dari ruko.

Melihat dengan alasan-alasan pedagang tersebut tercetuslah ide sistem jemput bola ke pedagang pasar. Dengan tujuan melalui pola itu nantinya, target retribusi di tahun 2023 bisa tercapai serta pembayaran sewa oleh pedagang juga rutin.

“Nanti ada petugas yang kita khususkan untuk menjemput bola untuk penagihan di masing-masing ruko,” katanya.

Cara tersebut diakui Syaidinoor, sudah mulai direncanakan sejak Desember 2022 dan baru diterapkan pada awal tahun 2023. Untuk petugas yang disiapkan khusus untuk penagihan tersebut sebanyak enam orang.

Sementara untuk perharinya, kata dia diutamakan kepada penagihan tunggakan-tunggakan sewa kios. Dalam proses penagihan ini, pihak UPTD tidak segan memberi peringatan kepada pedagang yang tunggakannya cukup banyak. Para pedagang hanya diberi waktus seminggu untuk melunasi.

“Tidak ada jadwal yang kita terapkan, petugas ini memang kita khususkan penagihan secara rutin setiap hari,” tambahnya.

“Kita beri kebijakan juga, apabila tunggakannya sampai berbulan-bulan maka pedagang bisa melunasi lebih dulu dua bulan terakhir, selanjutnya kita minta buat pernyataan kapan yang sisanya dilunasi,” katanya.

“Alhamdulillah dengan pola yang kita ubah ini pendapatan setiap hari semakin meningkat,” tandasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel