Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Berau

A-News.id, Tanjung Redeb – Upacara peringatan hari pahlawan berlangsung secara khidmat dan tertib di halaman kantor Bupati Berau dengan dihadiri sejumlah unsur pimpinan instansi, tokoh masyarakat serta tokoh agama, Kamis (10/11/2022).

Hari Pahlawan 2022 kali ini mengusung tema “Pahlawanku Teladanku,”.

Adapun yang bertindak selaku inspektur upacara adalah Kepala Kejaksaan Negeri Berau Nislianudin. Dalam pesan Kementerian Sosial yang ia sampaikan, Kejari menyebut beberapa hal dalam momentum peringatan hari pahlawan tersebut.

Diantaranya yakni, masyarakat pada jaman modern seperti sekarang perlu ikut berkontribusi bagi bangsa Indonesia dalam meminimalisir terjadinya pemanasan global, kelangkaan pangan, energi dan air bersih yang perlu dipersiapkan secara sungguh-sungguh.

Tak hanya itu, kesiapsiagaan menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan.

“Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang,” ujar Kejari membacakan pesan Kemensos.

Sementara itu, saat diwawancara Kejari Berau tersebut menyatakan, momentum hari pahlawan sejatinya bukan seremonial semata namun lebih daripada itu, di era modern seperti sekarang, perjuangan pahlawan perlu dilanjutkan dengan cara yang lebih sederhana seperti menjadikan suri teladan para pahlawan melalui hal-hal yang positif.

“Seperti adanya kelangkaan pangan dan lain sebagainya yang disampaikan oleh Kemensos itu bagi para pejuang-pejuang muda untuk menyesuaikan diri, berinovasi,” katanya.

“Selanjutnya memperkuat persatuan dan kesatuan seperti pesan dari pejuang, jangan mudah terpecah belah oleh kelompok-kelompok manapun,” pungkasnya.

Upacara diselingi dengan pemberian santuan kepada para veteran yang dilanjutkan dengan seluruh peserta upacara ziarah ke taman makam pahlawan (TMP) Wijaya, Jalan Pembangunan, Tanjung Redeb. (Adv/mik)

Bagikan