Follow kami di google berita

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Berau Beri Bantuan 5 Unit Mobil Ambulance

A-News.id, Tanjung Redeb – Sebanyak 5 unit ambulance dan 1 unit mobil operasional dibagikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Berau kepada puskesmas yang diakui perlu peremajaan unit baru, diantaranya Puskesmas Suaran, Teluk Bayur, Tanjung Batu, Pulau Derawan, Talisayan dan Gunung Tabur, Kamis (6/1/2022).

Penyerahterimaan sarana kesehatan tersebut dilakukan oleh Bupati Berau Sri Juniarsih ke masing-masing kepala puskesmas dengan disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi. Adapun ambulance yang diserahkan terdiri dari 4 unit mobil ambulance roda empat, dan 1 unit roda tiga.

Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi menuturkan, realisasi fasilitas penunjang keselamatan pasien tersebut, dilakukan lantaran laporan bahwa banyak unit ambulance yang mengalami kerusakan. Bahkan tak jarang, sering keluar masuk bengkel.

“Ini untuk mengganti atau sebagai back up kendaraan yang sudah ada, karena ada beberapa puskesmas unit ambulance yang sudah dalam kondisi tidak baik,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

“Artinya ada yang masuk bengkel rusak lagi, atau ada yang sampai tukar-tukaran mobil ambulance dengan puskemas terdekat begitu terus, makanya sarana ini kita beri karena kondisi di lapangan kita terima laporan seperti itu,” tambahnya.

Sementara itu, satu ambulance roda tiga yang juga diberikan kali ini, dikatakan Iswahyudi, adalah usulan dari pihak puskemas Pulau Derawan melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Usulan itu, melihat dari kondisi geografis kampung yang dimana akses untuk kendaraan roda empat masih sulit.

“Akhirnya kita sesuaikan lalu carikan model (ambulance) yang pas dan ketemulah ambulance roda tiga tersebut, itu juga merupakan impian lama dari masyarakat setempat,” katanya.

Anggaran yang digelontorkan untuk pembelian ambulance tersebut, dikatakan mencapai Rp 1,6 miliar untuk 4 mobil sementara untuk ambulance roda tiga Rp 150 juta melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kepala Puskesmas Tanjung Batu, Supiansa yang merupakan satu diantara kepala puskesmas yang menerima unit ambulance mengatakan, kalau bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah Berau tersebut dapat membantu pihak puskemas dalam peremajaan unit kendaraan yang dimiliki. Sebab katanya, unit yang ada sekarang, sudah termakan usia.

“Dengan adanya bantuan ini maka dapat sedikit meringankan beban kita dalam melakukan pertolongan kepada masyarakat, karena beberapa ambulance yang kita punya sekarang kondisinya memang sudah harus dilakukan masa peremajaan,” ujarnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel