Tahun ini Pemkab Berau Terima 290 ASN dari Tes CPNS dan 597 Pegawai PPPK

ANEWS, Berau – Pemkab Berau akan melaksanakan test CPNS dan test Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang pendaftarannya di awal Juni 2021 bersamaan dengan daerah lain secara nasional, sebagaimana yang disampaikan Muhammad Said, SH, MH, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Berau, Rabu, 26/5/2021.

Dijelaskan Said, bahwa untuk penerimaan tahun 2021 ini Kabupaten Berau mendapatkan alokasi pegawai yang berasal dari jalur Test CPNS sebanyak 290 orang, dan untuk pegawai PPPK sebanyak 597 orang.

Adapun calon ASN yang diterima dari test CPNS itu untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis, sementara pegawai yang diterima melalui test PPPK seluruhnya tenaga pendidik (guru) honorer/PTT.

Menurut Said, formasi tenaga ASN yang akan direkrut melalui CPNS itu sebenarnya sudah disampaikan oleh pemerintah pusat ke masing-masing pemerintah daerah,

“Karena kami masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaan, maka sepakat seluruh Indonesia belum diumumkan, tapi Insya Allah awal Juni itu diumumkan, makanya belum ada beredar terkiat formasi ini diluaran,”ujar Said.

Pemerintah daerah masih menunggu petunjuk teknis pelaksananya dari Menpan RB dan BAKN, makanya pengumuman resminya belum dilakukan, jelasnya.

“Nanti setelah pengumuman awal Juni, langsung diikuti proses pendaftaran dan diperkirakan test CPNS dilaksanakan di pertengahan atau di akhir Juli akan dilaksanakan,” imbuhnya.

Setelah proses pengumunan, pengumuman formasi, pendaftaran, kemudian pengumuman hasil yang memenuhi syarat, lalu ada masa sanggah, baru setelah itu pelaksanaan, tambah Said.

Estimasi BKPP Berau bahwa jumlah pendaftar tahun ini diperkirakan antara 5 sampai 6 ribu orang untuk memperebutkan 290 formasi, sementara tahun lalu jumlah pendaftar 2800 orang dengan formasi 157 orang. (jul)

 

Bagikan