Pria Samarinda Gasak Uang Sumbangan Masjid 8 Juta

ANEWS, Samarinda – Pria berinisial MA (38) tertangkap CCTV saat melakukan aksi pencurian di Masjid Sabiqul Amin jalan Pelita 4 Kelurahan Sambutan Kecamatan Sambutan, Samarinda pada Senin (25/5/2021).

MA yang merupakan warga jalan Merdeka 5 tertangkap CCTV masjid saat mengambil uang tunai senilai 8 juta yang di berada di dalam tas selempang saat berada ruang Marbot atau pengurus masjid.

Bendahara masjid Sabiqul Amin, Hari Maskun mengatakan, aksi pencurian itu terungkap setelah pihaknya langsung melakukan pengecekan CCTV setelah mengetahui uang yang ada di tas tersebut raib.

“Uang itu hasil sumbangan yang kita kumpulkan, dan dari pantauan CCTV pelaku terlihat memasuki ruangan marbot saat orang-orang melakukan sholat isya, dan dari pantauan itu kita curigai MA ini merupakan pelaku yang membawa uang tersebut,” jelas ketua RT setempat Hadi. Jum’at 28 Mei 2021.

Hadi mengatakan sebelum melakukan aksi pencurian, MA mendatanginya untuk meminta pekerjaan. Lantaran tak memiliki info pekerjaan, Hadi pun hanya memberikan uang 20 ribu untuk membeli makan.

“Saya juga gak tau kalau dia balik lagi besoknya, taunya dari CCTV,” bebernya.

Dan pada hari Rabu setelah mendapatkan cukup bukti, Hadi bersama pengurus masjid lainnya pun langsung mendatangi kediaman MA yang berada di jalan Merdeka 5, dari sana MA dibawa kembali ke masjid untuk dimintai keterangan.

“Awalnya kita belum bilang kalau kedatangan kita menanyakan uang tersebut, jadi alasan dulu ada pekerjaan buat dia (MA), setelah berada di area masjid, langsung kita tanyakan,” terangnya.

Dengan adanya barang bukti CCTV, MA pun tak dapat mengelak telah melakukan pencurian, lantaran perbuatannya itu MA sempat menjadi bulan-bulanan warga yang kesal atas pencurian itu.

“Saat diamuk massa kita langsung amankan pelaku ini, dannkita bawa ke kantor polisi,” pungkasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah Kapolsek Samarinda Kota, AKP Creato Sonitehe Gulo melalui Kanit Reskrim Polsek Samarinda Kota, Iptu Rifka Widyadhira Arya Putra mengatakan, pihaknya saat uni telah mengamankan MA di Mako Polsek Samarinda Kota guna menjalani pemeriksaan.

“Kita masih lakukan pemeriksaan yang bersangkutan dan pihak masjid, dan bukti CCTV yang ada,” jelas Rifka saat dihubungi melalui sambungan seluler.

Kepada kepolisian, MA mengaku kepepet mencuri lantaran tak memiliki pekerjaan dan sebagai berobat anaknya yang sakit yang saat ini berada di Kabupaten Kubar.

“Untuk pelaku juga tadi sudah mengakui perbuatannya, dan saat ini masih dalam pemeriksaan,” tandasnya. (Ris)

Bagikan