Follow kami di google berita

Sidak Parkir Di Pasar Pagi, Andi Harun Tangkap Jukir Liar

A-news.id, Samarinda – Walikota Samarinda, Andi Harun melakukan inspeksi mendadak (Sidak) secara di kawasan Pasar Pagi. Rabu (16/3/2022).

Diketahui, Andi Harun melakukan peninjauan mendadak terhadap kondisi parkir di tepi jalan Gajah Mada.

Saat diwawancarai awak media, Andi Harun memberi keterangan tinjauan dadakannya itu berawal saat dirinya menemukan petugas Dinas Perhubungan yang biasa berjaga di sekitar Pasar Segiri tidak berada di tempat.

“Awalnya saya lewat dari Pasar Segiri, saya melihat kurang lebih ada tiga kendaraan yang parkir di tepi jalan, akhirnya saya mampir, dan tidak ada petugas Dishub di lokasi itu,” ucap Andi Harun saat ditemui awak media.

Berawal dari temuan itu, akhirnya Andi Harun langsung memutuskan untuk meninjau kawasan Pasar Pagi di tepi jalan Gajah Mada. Setelah sampai di lokasi, dirinya menemukan beberapa kendaraan roda dua yang terparkir di depan sebuah barrier beton pembatas dan saat yang sama ada juru parkir yang mengatur kendaraan disitu. Pasalnya, Pemerintah kota (Pemkot) Samarinda memang sudah melarang kendaraan terparkir ditepi jalan Gajah Mada dan memindahkannya ke halaman parkir Dermaga Mahakam Ilir.

Usai turun dari mobil, Andi Harun yang berjalan tanpa pengawalan mendapati seorang jukir liar yang tengah mengatur kendaraan di area yang dilarang parkir tersebut.

“Saya melihat tukang parkirnya, saya suruh kejar dan akhirnya ditangkap, kemudian saya hubungi Satpol PP agar orang ini di-BAP,” terangnya melanjutkan.

Saat ditanya walikota, jukir yang memakai rompi biru dan topi berlambang Dinas Perhubungan itu mengaku mengetahui bahwa kawasan tersebut dilarang untuk dijadikan tempat parkir.

Apalagi ia menarik uang parkir dari pengunjung pasar yang telah memarkirkan kendaraannya di tempat yang dilarang tersebut.

“Saya sempat menanyakan kepada dia (jukir) bahwa ia mengaku ada setoran yang diduga dari oknum Dinas Perhubungan,” bebernya Andi Harun.

Berdasarkan temuannya siang itu, mantan wakil ketua DPRD Provinsi Kaltim ini telah memanggil Kepala Dinas Perhubungan dan juga telah menyerahkan hasil BAP terhadap jukir liar yang ia dapati di lapangan.

Terutama terkait dugaan adanya kong kalikong antara oknum Dishub dengan petugas parkir liar itu yang ia minta untuk ditindak lanjuti secara serius oleh instansi yang bersangkutan.

“Saya minta agar Kadishub melakukan perombakan, bukan hanya di tataran atas tetapi juga kepada petugas lapangan dan semacamnya, kenapa mereka (jukir) berani melakukan itu sedangkan ada petugasnya, maka patut kita duga, kalau mereka tidak nekat, ada indikasi main mata,” pungkasnya.

Andi Harun bukan kali pertama memergoki pelanggaran parkir di kawasan Pasar Pagi, beberapa bulan lalu, juga dengan mendadak ia turun ke lokasi dan mendapati hal serupa.

Tempat tersebut juga telah berkali-kali ditertibkan oleh petugas Dishub dan Satpol PP dari kendaraan yang terparkir di tepi jalan.

Untuk kesekian kalinya, walikota kembali datang di tempat tersebut dan masih menemukan pelanggaran dan praktik jukir liar di sepanjang sisi Pasar Pagi jalan Gajah Mada tersebut. (Ris)

Bagikan

Subscribe to Our Channel