Follow kami di google berita

Sinergi Pemkot dan Masyarakat Kota Samarinda kekuatan Utama, Dalam menertibkan Anjal Gepeng

Anews.id, Samarinda – Sinergi Pemerintah Kota (Pemkot) dan masyarakat Kota Samarinda menjadi kekuatan utama dalam menertibkan, Anak Jalanan (Anjal) serta Pengemis dan Gelandangan (Gepeng).

Ketua Komisi IV DPRD kota Samarinda Sri Puji Astuti menuturkan keresahan ini telah disikapi Pemkot dengan membuat Peraturan Daerah (Perda), selain itu di setiap simpang jalan Kota Samarinda dipasang CCTV dan para aparat seperti Satpol PP berjaga selama 24 jam untuk menertibkan anjal serta gepeng.

“Tapi pintar sekali anjal dan gepeng untuk kabur dari para aparat yang menertibkan,” ungkap Sri Puji Astuti. Kamis (17/3/2022).

Persoalan ini, sangat berkaitan dengan ekonomi masyarakat dan susahnya mencari lapangan pekerjaan. Apalagi disaat masa pendemi banyak warga yang tekena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Ditambah masyarakat kita terbiasa diperintah. Jadi tidak biasa mengembangkan diri secara mandiri,” tegasnya.

“Saya pernah lapor ke Satpol PP, lalu mereka (Satpol PP) menjemput anjal dan gepeng untuk ditertibkan. Tapi paling lama 24 jam sudah bebas, besok-besok saya ketemu lagi di tempat lain,” tambahnya.

Sri Puji Astuti sapaan karibnya Puji menjelaskan, anjal dan gepeng ini memiliki pimpinan untuk mengkoordinator mereka. Para koordinator itu yang harus ditangkap.

“Anjal dan gepeng pernah saya tanya secara pribadi dilapangan, macam-macam alasannya dan mereka sepontan kabur ketakutan. Koordinatornya melototi saya. Apa saya berani, sedangkan posisi saya saat itu sendirian,” tandasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel