Follow kami di google berita

Rusman Ya’qub Harap Ada Perhatian Khusus ke UMKM di Kaltim

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub. (Dok DPRD Kaltim)
Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub. (Dok DPRD Kaltim)

Anews.id, Samarinda – Anggota Komisi IV DPRD Kaltim memiliki harapan besar agar UMKM di Kaltim secara terus-menerus diperhatikan sehingga dapat melebarkan sektornya. Alasannya, karena roda perekonomian daerah telah dipengaruhi oleh kehadiran UMKM.

Di samping itu, ia pun memiliki harapan agar UMKM dapat memberikan inovasi. Akan tetapi, dukungan dari pemerintah sangat diperlukan guna menghasilkan inovasi yang lebih baik lagi.

“Saya mendorong dan mendukung pemerintah agar UMKM di Kaltim menjadi pionir dan fondasi pengembangan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Dalam sektor UMKM, terdapat sejumlah aspek yang harus diperhatikan. Seperti manajemen pemasaran, transportasi, hingga sertifikasi produk.

“Sertifikasi produk itu penting agar UMKM bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional,” ungkap Rusman.

Bagian terpenting salah satunya meliputi transformasi UMKM dari sisi manajemen pemasaran. Ia berpendapat bahwa UMKM dapat meraih tujuan promosi produk secara lebih efektif dan efisien jika adanya upaya pengelolaan yang baik.

“Aspek transportasi itu juga penting, agar UMKM bisa mengirimkan produk mereka dengan cepat dan murah,” imbuhnya.

Berdasarkan hal ini, dorongan terus diberikan oleh Rusman kepada UMKM agar dapat berperan aktif dan kreatif dalam membuat produk yang menarik. Di samping itu, ia pun memberikan apresiasi atas kinerja dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim karena perannya dalam memberikan binaan dan bantuan bagi para UMKM.

“Saya berharap pelaku UMKM Kaltim bisa mengambil peluang dari penyelenggaraan hajatan nasional seperti Pra-kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dan Prakualifikasi Popnas 2025,” tutupnya. (adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel