Hampir Dipastikan Sekolah Tatap Muka Mulai 13 Juli 2021 Bisa Dilaksanakan

Suprapto, Sekretaris Diknas Kabupaten Berau

ANEWS, Berau – Rencana kegiatan proses belajar mengajar di sekolah secara tatap muka, akan dipersiapkan oleh pemerintah daerah pada sekitar 13 Juli 2021 yang akan datang. Dan untuk proses pendaftaran anak didik baru untuk tahun ajaran baru 2021 akan dilakukan secara daring dan sementara bisa secara langsung, khususnya di daerah-daerah yang sudah berstatus hijau, setelah pengumuman kenaikan anak-anak didik, hal itu sebagaimana yang disampaikan Suprapto, Senin, 24/5/2021.

Sementara itu, Suprapto juga masih harus menunggu kebijakan pemerintah dalam hal ini, dinas Kesehatan terkait vaksinasi tenaga guru yang belum mendapatkannya. Menurut perkirakaan Suprapto, masih ada sekitar 4500-an tenaga guru yang belum divaksin, sementara yang sudah ada 1500-an.

Khusus untuk sekolah yang berada di Tanjung Redeb Harus diseleksi. Adapun pola pelaksanaan sekolah tatap muka nanti, Suprapto mengatakan akan diseleksi, dengan mempertimbangkan turunnya kasus covid-19, kemudian gurunya divaksin, dan kesiapan dari fasilitas protokol kesehatan di setiap sekolah termasuk pemetaan guru-guru yang punya kormobid dan tim covid-19 di setiap sekolah harus dibentuk.

Setelah persyaratan-persyaratan itu diajukan baru Diknas akan mengecek ke lapangan apakah sudah layak.

Sementara skenario tahap pertama sistem belajar mengajar tatap muka, dengan pola shift-shifan atau per hari, dengan 1/3 jumlah murid atau untuk TK 5 siswa, SD 10 siswa dan seterusnya setiap kelas dan lama proses belajar paling lama 3 jam sehari. Kemudian nanti setelah dievaluasi, dan aman-aman saja, baru ditingkatkan

“Itu nanti kita serahkan ke sekolah 30% aja untuk awal nanti dalam satu bulan kita evaluasi kalau itu nanti aman-aman aja, kita naikkan maksimal  50%, ujar Suprapto.

Dalam masa itu, lanjut Suprapto, istirahat siswa tetap di ruangan dan kantin ditutup, dan siswa tidak boleh keluar jajan, tetapi boleh bawa bekal untuk makan, serta kegiatan ekskul sementara tidak ada. (jul)

Bagikan