RUANG ISOLASI PENUH, SELASAR KORIDOR KINI DIMANFAATKAN

Ruang Isolasi RSUD Abdul Rivai

ANEWS, Tanjung Redeb – Kondisi ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Rivai kini kondisinya sudah melebihi kapasitas untuk menampung pasien covid-19, Rabu (16/12/2020).

Berbagai cara pun kini harus dilakukan termasuk memanfaatkan bagian selasar atau koridor ruang isolasi. Hal tersebut terpaksa ditempuh petugas lantaran 70 tempat tidur yang tersedia semuanya sudah ditempati pasien.

“Posisi sekarang ruang isolasi rumah sakit penuh, akhirnya sekarang suka tidak suka seperti halnya rumah sakit yang lain memanfaatkan ruangan yang ada termasuk selasar, tapi tetap di lingkup ruang isolasi,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Iswahyudi.

Ilustrasi

Selain memanfaatkan koridor, bagi pasien yang tidak lagi mempunyai gejala maka diperbolehkan untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sedangkan, untuk pasien berstatus karyawan perusahaan akan dipindahkan ke tempat isolasi perusahaan.

“Itu yang sementara kita lakukan untuk saat ini, dan kemungkinan dalam waktu dekat mungkin akan dibahas oleh satgas dan Bupati jalan keluarnya apa kedepannya. Karena, harus ada jalan keluarnya,” katanya.

“Apakah nanti membuat rumah isolasi ataukah kembali memanfaatkan hotel Cantika atau bangunan yang lain? yang bisa dimanfaatkan. Mungkin nanti Bupati selaku ketua satgas yang menentukan,” ucap Iswahyudi.

Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi

Ditanya terkait adanya tambahan 5 tempat tidur di ruang isolasi, Iswahyudi mengaku jika hal itu ialah maksud untuk menempatkan pasien yang terkonfirmasi positif covid-19, namun di luar dari ruangan yang tersedia.

“Penambahan itu adalah untuk yang di selasar tadi artinya orang tidak mungkin digeletakkan di lantai namun masih dalam area ruang isolasi,” jelasnya.

Dukungan masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan juga dinilai penting untuk meminimalisir hingga memutus mata rantai penyebaran virus corona, sebab jumlah kasus positif covid-19 kian hari terpantau makin tinggi. (mik)

Bagikan