Follow kami di google berita

RSUD Tetap Bersiaga, Berbagai Sapras Ruang Isolasi Covid-19 Telah Dipersiapkan

A-News.id, Tanjung Redeb – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Rivai di Tanjung Redeb kini tengah mempersiapkan segala sarana dan prasarana ruang isolasi untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kasus positif covid-19, Selasa (8/2/2022).

Humas RSUD Abdul Rivai Dokter Erva Anggriana menjelaskan, saat ini pihak manajemen rumah sakit tengah berusaha untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan tenaga medis yang bertugas di ruang isolasi pasien covid-19.

Diantaranya adalah kembali melakukan standar operasional prosedur (SOP) dan segala mekanisme saat menerima adanya pasien yang terkonfirmasi positif covid-19. Kemudian juga tempat tidur serta beberapa logistik alat medis seperti oksigen, regent, termasuk alat penunjang diagnosis covid-19.

“Untuk tempat tidur saat ini memang baru terpakai satu, hanya saja jika semisal terjadi lonjakan ruangan lain akan kembali kita alihfungsikan, mudahan saja tidak,” ujarnya.

“Dan untuk pasien-pasien yang lain itu sedang isolasi mandiri di rumah masing-masing,” tambahnya.

Lanjut Dokter Erva, terkait kondisi pasien yang dirawat pada salah satu kamar di ruang isolasi umumnya memiliki gejala covid-19 yang cukup ringan hanya saja pasien tersebut memiliki penyakit penyerta atau komorbid sehingga harus menjalani rawat inap.

Terkait kapasitas ruang isolasi, Humas RSUD Abdul Rivai tersebut menjelaskan, pada dasarnya hal itu tergantung dari tingginya angka lonjakan kasus. Jika lonjakan tinggi maka pihak RSUD akan memfungsikan ruangan yang sebelumnya digunakan untuk merawat pasien covid-19.

“Ada tiga ruangan yang bisa kita siapkan baik itu ruang Teratai sendiri, kemudian ruang Dahlia dan juga untuk ruang anak di ruang Anggrek,” katanya.

“Kalau diruang Teratai ini saja ada sekitar 10 tempat tidur, dan kalau misal lonjakannya cukup signifikan, dalam satu ruangan bisa kita gunakan untuk beberapa orang,” pungkasnya. (mk)

Bagikan

Subscribe to Our Channel