Follow kami di google berita

RSUD dr Abdul Rivai Hapus Aset Perumahan Dokter Untuk Pengembangan Rumah Sakit

A-News.id, Tanjung Redeb – Pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai Tanjung Redeb, menunjukan progresnya.

Komplek rumah dinas dokter yang berada tepat di sebelah RSUD dr Abdul Rivai, kini telah rata dengan tanah.

Sebanyak 12 unit bangunan, terpaksa harus dihancurkan dan hapuskan sebagai aset daerah. Hal itu lantaran, saat ini RSUD dr Abdul Rivai tengah melaksanakan pengembangan fasilitas kesehatan, dengan membangun gedung rawat inap yang baru.

Hal itu dikemukakan langsung oleh Direktur RSUD dr Abdul Rivai, Jusram.

“Ada 12 unit bangunan yang dirobohkan,” ujarnya.

Dikatakannya, proses itu merupakan langkah awal yang dilakukan guna membangun gedung baru.

“Itu adalah rangkaian dari penghapusan aset,” katanya.

Lanjutnya, lahan perumahan dokter memang akan dimanfaatkan sebagai lahan pengembangan rumah sakit dengan membangun gedung 6 lantai. Pengembangan harus dilakukan untuk menunjang kebutuhan pelayanan di RSUD yang selama ini terus mengalami kekurangan ruangan.

Sesuai perencanaan, biaya pengembangan RSUD dr Abdul Rivai membutuhkan anggaran hingga Rp 120 miliar dengan dua sumber anggaran.

“Rencana dari anggaran BLUD sekitar Rp 60-an miliar, sisanya akan kami usahakan dengan dana Bankeu dari provinsi atau DAK dari pusat,” tuturnya.

Pengembangan sendiri juga didasari pada kebutuhan masyarakat terhadap layanan kesehatan. Terutama saat terjadi kejadian luar biasa (KLB) suatu wabah penyakit. Maka kapasitas ruangan dan tempat tidur yang dimiliki rumah sakit, tidak cukup untuk menampung jumlah pasien yang dirawat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 lalu, Pemkab Berau sampai harus memaksimalkan gedung eks Hotel Cantika untuk difungsikan sebagai ruamh sakit darurat.

“Sejak tahun 2022 hingga saat ini 2023, pelayanan perawatan pasien hampir tiap bulan mengalami penuh. Bahkan 3 bulan terakhir pasien yang dirawat di lorong hampir tiap minggu terjadi,” tambahnya.

Pengusulan sendiri sudah dilakukan sejak 2022 lalu, dan sudah masuk dalam Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD dr Abdul Rivai. “Intinya kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Sebagai satu-satunya Rumah Sakit tipe C di Kabupaten Berau, pihaknya terus melakukan pembenahan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Rencananya, lima lantai gedung baru nantinya, diperuntukan untuk menunjang pelayanan RSUD Abdul Rivai. Di dalamnya akan diisi dengan Instalansi Gawat Darurat (IGD), ruang pelayanan cuci darah atau hemodialisa, hingga ruang perawatan VIP.

“Selain itu juga kita akan buat di sana ruang ICU, ICCU serta ruang operasi baru,” jelasnya. “Sebagian memang ruang tindakan medis,” sambungnya.

Jusram berharap, peningkatan fasilitas ini bisa membantu peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Berau. Terlebih, dengan seringkali keluhan masyarakat menjadikan RSUD Abdul Rivai terus berbenah.

“Kita harap, semua yang dikerjakan saat ini bisa membantu pelayanan kita selama ini. Menjadi kemudahan bagi masyarakat untik mengakses fasilitas kesehatan yang ada,” tuturnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel