Follow kami di google berita

Relokasi TPA Bujangga Ditarget 3 Tahun Lagi

A-News.id, Tanjung Redeb – Pemindahan TPA Bujangga dianggap mendesak. Mengingat keberadaan TPA yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Tanjung Redeb, saat ini sudah tidak layak lagi berada di wilayah perkotaan. Ditambah adanya keluhan masyarakat soal bau dan limbah.

Namun, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Berau, Mustakim Suharjana menyebutkan, pemindahan TPA diprediksi baru terlaksana tiga tahun lagi.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah melakukan studi kelayakan (Feasibility Study/FS) TPA baru dan menyusun dokumen Daftar Perencanaan Pengadaan Tanah (TPPT).

“Target kita 3 tahun lagi. Tahun ini masih menyusun FS, kemudian pembangunan satu tahun, tahun ketiga kita pindah,” jelasnya, Senin (7/8/2023).

Setelah dua dokumen FS dan TPPT selesai, selanjutnya diserahkan ke Dinas Pertanahan untuk menentukan nilai lahan melalui tim Appraisal.

Dikatakannya, untuk memindah TPA, saat ini sudah ada 12 titik calon lokasi TPA baru. Diantaranya di wilayah Limunjan Kecamatan Sambaliung, arah Labanan, Kecamatan Teluk Bayur, dan Kecamatan Gunung Tabur.

Saat ini survei dan studi kelayakan 12 titik lokasi itu sedang dilakukan oleh konsultan. Setelah survey, kemudian akan dilihat lagi kelayakannya. Nantinya tiga lokasi dengan skor tertinggi akan diajukan ke kepala daerah untuk selanjutnya ditetapkan lokasinya.

“Ada beberapa kriteria. Diantaranya jauh dari sungai, jauh dari permukiman, dan tidak mengganggu penduduk dengan jangka waktu 20 tahun,” bebernya.

Ditanya soal luas TPA baru nanti, Mustakim menyebut luasannya menyesuaikan kemampuan keuangan dari Dinas Pertanahan selaku pihak yang akan membebaskan lahannya.

“Kalau kita maunya 20 hektare. Tapi tergantung kemampuan. Mungkin nanti bertahap sampai terpenuhi 20 hektare,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sebelum TPA yang lebih representatif dibangun, untuk penanganan sampah sementara masih memaksimalkan TPA Bujangga.

DLHK Berau bekerja sama dengan pihak ketiga menggali lubang di area TPA untuk menimbun sampah yang sudah overload di TPA Bujangga.

“Makanya lubang yang dibuat diperkirakan untuk tiga tahun, karena tahun ketiga kita pindahkan,” imbuhnya. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel