Follow kami di google berita

Realisasikan Aspirasi Masyarakat, Peningkatan Drainase Jalan Manunggal Dikerjakan Bertahap

A-News id, Tanjung Redeb – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Berau tengah melalukan peningkatan drainase di Jalan Manunggal, Tanjung Redeb.

Drainase itu sebelumnya kerap dikeluhkan karena tersumbat sampah dan mengalami pendangkalan. Akibatnya aliran air tidak lancar dan kerap meluap ke jalan saat hujan deras.

Pantauan di lokasi, Selasa (28/11/2023), sejumlah pekerja terlihat melakukan perbaikan. Juga dilakukan pengerukan sampah dan endapan lumpur yang menyumbat aliran air. Pekerjaaan tersebut telah berlangsung beberapa hari terakhir.

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR Kabupaten Berau, Hendra Pranata, mengakui peningkatan drainase Jalan Manunggal ini dilakukan memang karena aspirasi masyarakat. Peningkatan dilakukan dengan mengeruk drainase kemudian pemasangan cor beton.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini baru terlaksana mengingat anggaran baru tersedia di APBD Perubahan 2023. Bahkan kata dia, pekerjaan ini hampir tidak terlaksana melihat keadaan dan kondisi lokasi yang padat dan menjadi lokasi berjualan masyarakat.

“Awalnya hampir gak jadi terlaksana. Bayangkan baru dianggarkan di ABT, dengan waktu yang mepet dan kondisi bisa dikatakan krodit,” ujarnya, Selasa (28/11/2023).

“Kita agak pesimis apakah bisa dikerjakan. Karena kita melihat faktor sosial, orang berdagang. Belum lagi jalur padat. Tapi setelah kita sosialisasikan, sambutan warga luar biasa dan mendukung kegiatan ini,” sambungnya.

Peningkatan drainase Jalan Manunggal ini juga terlaksana berkat usulan dan aspirasi anggota DPRD Berau, Muhammad Ichsan Rapi.

“Beliau getol memperjuangkan agar peningkatan drainase ini bisa direalisasikan,” ujarnya.

Hendra mengakui peningkatan drainase ini dilakukan bertahap, mengingat anggaran dan waktu yang terbatas. Untuk pekerjaan saat ini, kata dia, dikerjakan satu sisi dahulu, sepanjang 350 meter dari panjang keseluruhan 660 meter.

“Karana dalam pengerjaan saluran drainase ini kan yang didahulukan adalah di sisi muaranya yang mengarah ke pembuangan supaya aliran air lancar,” bebernya.

Sementara untuk sisi lainnya, lanjutnya, diupayakan dikerjakan tahun depan.

“Akan kita lanjutkan tahun depan di anggaran murni. Saya lihat draf anggaran sudah ada. Kita upayakan Februari sudah dikerjakan lagi.

Untuk anggaran tahun ini sekitar Rp 4,6 miliar. Mudah-mudahan tahun depan bisa ditingkatkan lagi supaya bisa dituntaskan,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota DPRD Berau, Muhammad Ichsan Rapi yang meninjau langsung progres pengerjaan drainase tersebut menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Berau yang telah menaruh perhatian dan melakukan peningkatan drainase di Jalan Manunggal.

Dikatakannya, sebelumnya ia kerap menerima keluhan dari masyarakat terkait kondisi drainase tersebut. Hal itu lah yang mendasari dirinya mengupayakan perbaikan melalui dana aspirasinya.

“Ini salah satu aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada saya dalam setiap kesempatan. Makanya kita upayakan ada peningkatan, dan ini saya perjuangkan melalui dana aspirasi,” jelasnya. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel