Follow kami di google berita

Puluhan Pemuda Berbagai Profesi Ikuti Seleksi Komcad di Kodim 0902/Bru

A-News.id, Tanjung Redeb – Menindaklanjuti arahan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, dalam pembentukan komponen cadangan (Komcad). Kodim 0902/Bru sudah mulai melakukan tahap seleksi mulai dari pemeriksaan kesehatan dan pemeriksanaan administrasi, bagi para peserta yang mendaftar sebagai calon Komcad, Senin (9/5/2022).

Pembentukan Komcad tersebut, diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Yang dimana, Masyarakat yang bergabung dalam program ini akan diberikan pembekalan tentang cara menjaga keamanan negara layaknya wajib militer.

Pasi Pers Kodim 0902/Bru, Kapten Arm. Rustan Attas yang juga selaku Sekretaris Seleksi Komcad Tingkat Kodim menyebut, untuk kuota pendaftaran secara online yang diterima pihaknya berjumlah 38 orang. Namun saat tahap seleksi pertama, tercatat hanya ada 33 orang yang hadir.

“Pengecekan lanjutan yaitu tinggi dan berat badan, hingga postur tubuh secara terbatas,” ujarnya.

Dijelaskan perwira TNI tersebut, peserta yang mendaftar pada seleksi Komcad di tingkat Kodim itu terdiri dari berbagai profesi, mulai dari tunakarya, pekerja swasta, dunia usaha sampai dengan aparatur sipil negeri (ASN). Dengan kisaran usia 18 sampai dengan 35 tahun.

Lanjut Kapten Arm. Rustan, dalam tahap seleksi itu, para peserta yang bekerja sudah harus mendapatkan persetujuan untuk mengikuti seleksi Komcad dari tempat ia bekerja.

Nantinya, dari 33 orang peserta tersebut, hanya akan dipilih sebanyak 24 orang untuk diberangkatkan mengikuti seleksi lanjutan di tingkat Resimen Induk Daerah (Rindam) VI/Mulawarman.

“Untuk tingkat pusat itu nanti akan melaksanakan tes kompetensi kurang lebih 10 hari di Balikpapan dengam materi pengecekan kesehatan kembali, tes kesegaran jasmani, tes psikologis dan tes pantukhir” katanya.

“Nantinya disitu akan ditentukan yang dinyatakan lolos dalam mengikuti Diksarmil Komcad Matra Darat Tahun 2022, dan perwakilan dari Berau hanya 20 orang,” pungkas Kapten Arm. Rustan.

Diwawancarai terpisah, diantara peserta mengaku sudah siap untuk mengikuti berbagai rangkaian seleksi. Baik dari berkas-berkas kelengkapan maupun fisik dan jasmani.

“Persiapan badan tentunya fisik dan jasmani, intinya kita disini siap untuk bersaing,” ucap seorang peserta, Eko Arif.

“Kita hanya berdoa dan sisanya biar para panitia yang menentukan,” ungkap peserta lain, Ricky. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel