Follow kami di google berita

PULUHAN MAHASISWA GRUDUK KANTOR REKTORAT, TUNTUT UKT GRATIS

ANews, Samarinda – Puluhan mahasiswa yang tergabung dari Aliansi Mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) melakukan aksi tuntut Uang Kuliah Tunggal (UKT) gratis, di gedung rektorat Unmul, Selasa 12 Januari 2021.

Sebelum melakukan aksi tuntutan ini, para mahasiswa melakukan longmarch dari jalan pramuka menuju rektorat unmul.

Massa aksi membawa 4 tuntutan. Yaitu,
1. Menolak SK Rektor No. 02/KU/2021
2. Menggratiskan UKT di Semester Genap
3. Transparansi anggaran Universitas Mulawarman
4. Menolak Penerapan Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) di Universitas Mulawarman

“Kami ingin agar UKT digratiskan, untuk apa membayar kalau kami sendiri tidak menggunakan fasilitas kampus”, ungkap Presiden BEM FISIP Unmul, Iksan Nopardi saat diwawancarai usai melakukan orasi, Selasa 12 Januari 2021.

Ditengah pandemi covid 19 yang berdampak pada sektor ekonomi, Iksan menjelaskan pungutan UKT yang dilakukan sangat tidak tepat. Ia menilai banyak orang tua Mahasiswa yang diberatkan oleh UKT tersebut, apalagi banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Bumi Etam terhitung tinggi.

“Kalau yang saya tau ada 3 Juta pekerja yang sudah di PHK, belum lagi yang ada di Kaltim, itu sangat mempersulit kondisi orangtua mahasiswa untuk membayar biaya wajib pendidikan anaknya dimasa krisis ini”, tegas Iksan.

“Jadi kami akan kami menunggu sampai rektor datang untuk menemui kami, Jika pihak rektor belum bisa menemui, kami akan menunggu sampai pihak rektor keluar “, pungkasnya. (Ris)

Bagikan

Subscribe to Our Channel