Proyek Turap Sambaliung Dilanjut, Kepala DPUPR Berau: Ini Akan Jadi Tempat Rekreasi Baru Dalam Kota

A-News.id, Sambaliung – Pengerjaan turap sheet pile di Jalan Tanjung Baru I, Kecamatan Sambaliung dilanjutkan pengerjaannya oleh Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau.

Kegiatan yang masuk ke dalam Muti Years Contract atau kontrak tahun jamak itu sudah mulai dikerjakan sejak Maret 2020 lalu dengan dana yang digelontorkan sebesar Rp37 Miliar.

Spesifikasi turap yang kini dikerjakan tersebut, mempunyai panjang 250 Meter dengan diameter rigid jalannya selebar 9 meter.

Kepala DPUPR Berau Taupan Madjid yang mendampingi Bupati Berau Sri Juniarsih melakukan peninjauan mengatakan, jika selesai dibangun turap tersebut akan menjadi kawasan yang dinilai mampu memancing daya tarik masyarakat.

Pasalnya, dari pemaparan melalui gambar tiga dimesi disekitaran turap akan dipasang sejumlah lampu berbahan akrilik serta ornamen lain yang jika malam hari mampu mengeluarkan cahaya berwarna-warni ditambah beberapa pohon yang juga akan ditanam di sekitar kawasan turap.

“Kita anggap itu cukup cantik dan asri, tak lupa pula kita ingatkan kepada masyarakat sekitar agar sekiranya bisa menjaga dan memelihara kawasan ini, apabila masyarakat bisa memelihara semoga apa yang kita bangun ini bisa bertahan lama,” ujarnya, Kamis (7/10/2021).

Dengan ekspetasi itu, jika pembangunan tersebut selesai, kata Taupan minimal mampu menambah tempat rekreasi yang ada di dalam kota dan diprediksi pada Desember 2021 pengerjaan turap sheet pile itu sudah bisa terselesaikan.

“Nanti kita akan ada perawatan juga, serta memberi edukasi kepada masyarakat agar bisa bersama-sama menjaga, karena rata-rata bahan yang kita gunakan untuk pembangunan ini sangat sensitif seperti lampu hias dan lain sebagainya,” katanya.

Mantan Kepala Dishub Provinsi Kaltara itu juga menyebut, terkait kendala saat ini yang dihadapi hanyalah kondisi cuaca yang berubah-ubah.

“Sementara ini lancar-lancar saja, tidak terlalu ada kendala yang signifikan palingan hanya saat hujan itu kalau pengerjaan seperti timbunan itu agak terhambat, tapi kalau cuaca panas beberapa hari itu kita manfaatkan untuk memadatkan kembali sehingga pengerjaan untuk cor bisa langsung dilaksanakan,” tandasnya. (Redaksi A-News.id)

Bagikan