Follow kami di google berita

Pra Musrembang RKPD Provinsi Kaltim 2024 Resmi Dibuka, Sri Wahyuni Apresiasi Kinerja Pemerintah Daerah Yang Meningkat

(Foto: Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni saat memberikan sambutan dia agenda pra Musrembang RKPD Tahun 2024/Ist)
(Foto: Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni saat memberikan sambutan dia agenda pra Musrembang RKPD Tahun 2024/Ist)

Anews.id, Samarinda – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sri Wahyuni membuka pra musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kaltim Tahun 2024. Yang dilaksanakan di ballroom Hotel Mercure, Kota Samarinda, pada hari Rabu (12 April 2023),

Pada kesempatan itu, Sri Wahyuni mengatakan bahwa dari perspektif kinerja pembangunan daerah, rencana kerja pemerintah daerah tentunya didasarkan pada kinerja pembangunan masa lalu.

Jika kita bandingkan kinerja Pemprov Kaltim tahun 2022 dengan tahun 2021, terdapat peningkatan yang signifikan di berbagai komponen. Pertama, IPM kita menempati urutan ketiga di tanah air setelah DKI dan Yogyakarta dalam hal peningkatan kualitas SDM, IPM ini naik dari 76,88 pada tahun 2021 menjadi 77,4 pada tahun 2022,” Ungkapnya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, Sri Wahyuni ​​menejalaskan dari data angka yang ada tingkat pengangguran turun dari 6,83% menjadi 5,71% dan tingkat kemiskinan turun dari 6,54% menjadi 6,31%.

“Sementara ketimpangan ekonomi antar golongan turun dari 0,334 menjadi 0,327, kami optimistis pertumbuhan ekonomi Kaltim berbalik arah dua tahun memasuki pandemi Covid-19 ini, kita ingat beberapa waktu lalu dari Nol ke nol menjadi 1,2%, sekarang menjadi 4,48% ,” jelasnya.

Kendati demikian, meski PDRB per kapita Kaltim tertinggi di wilayah Kalimantan, Sri Wahyuni menambahkan pertumbuhan ekonomi yang cukup besar tersebut tidak menjadikan Kaltim sebagai ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di tingkat regional. Namun pertumbuhan ekonomi Kaltim masih lebih rendah dari Region Kalimantan yang tentunya menjadi catatan bersama.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kaltim, Yusliando mengatakan Pra Musrenbang dilaksanakan sebagai proses perencanaan pembangunan daerah dan bagian dari rangkaian pertama kegiatan Musrenbang SKPD di Provinsi Kaltim tahun 2024.

“Maksud pelaksanaan acara ini adalah untuk membahas hal-hal yang bersifat teknis berkaitan substansi yang akan disampaikan dan disepakati pada forum Musrenbang nantinya. Pra Musrenbang RKPD provinsi Kaltim 2024 akan dilaksanakan selama dua hari di Hotel Mercure Samarinda, dan dihadiri lebih kurang 200 peserta, terdiri para asisten, staf ahli gubernur, Bank Indonesia, BPS Kaltim, perangkat daerah Provinsi Kaltim, seluruh Bappeda, Balitbang kabupaten kota bersama perwakilan perangkat daerah kabupaten kota, TGUP3 Kaltim,” Pungkasnya. (Adv/Kominfo Kaltim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel