Follow kami di google berita

Tingkatkan Akurasi Data Kunjungan Wisatawan

A-News.id, Tanjung Redeb — Kabupaten Berau berkomitmen untuk meningkatkan akurasi data kunjungan wisatawan di wilayahnya. Upaya ini dilakukan dengan menempatkan petugas pendataan di setiap destinasi wisata.

Ketua Komisi III DPRD Berau, Sa’ga, mendorong Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk merealisasikan langkah tersebut. Menurutnya, data yang akurat sangat penting untuk mendukung pengembangan dan pengelolaan wisata yang efektif.

“Contohnya di Pulau Derawan, petugas ini bisa langsung ke penginapan atau resort untuk melakukan pendataan jumlah kunjungan,” ujar Sa’ga.

Ia menekankan pentingnya sinergitas antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta Bapenda, untuk memastikan data yang diperoleh benar-benar akurat.

“Demi memperoleh data akurat tiga OPD harus berkerjasama,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa kebutuhan petugas di setiap destinasi wisata akan disesuaikan dengan luas kawasan dan jumlah wisatawan yang berkunjung.

“Agar tidak memberatkan dan bekerja maksimal tentunya luasan kawasan wisata itu harus sesuai berapa petugas yang dibutuhkan,” tuturnya.

Sebagai langkah lanjutan, Sa’ga berencana untuk mengusulkan kepada pemerintah daerah agar membuat Peraturan Bupati (Perbup) atau Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur kedatangan wisatawan melalui satu pintu di Dermaga Pulau Derawan.

“Tentunya ntu ini harus didasari dengan aturan supaya pungutan kita jelas. Pendataan kita lebih baik disampingnya juga retribusi juga bisa kita dapat lebih maksimal lagi,” pungkasnya. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel