Follow kami di google berita

Eks Posko Damkar akan Dialihfungsikan jadi Kantor Unit Siaga Basarnas

ANews, Tanjung Redeb – Bangunan eks Posko Pemadam Kebakaran yang berdiri di Jalan Pemuda Tanjung Redeb rencananya akan dialihfungsikan menjadi kantor unit siaga Basarnas Balikpapan, meskipun sebelumnya bangunan tersebut sudah dihibahkan lebih dulu untuk kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, Senin (20/9/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Berau Thamrin yang melakukan pemantauan ke lokasi mengatakan, pemanfaatakan kembali bangunan tersebut karena dinilai cukup strategis, dibandingkan kantor Basarnas unit Berau yang diketahui saat ini masih menyewa dan berpusat di Perumahan Bukit Gemilang, Kecamatan Gunung Tabur.

“Jadi sementara ini kita akan pinjam kembali posko damkar di Jalan Pemuda ini untuk dijadikan kantor unit siaga Basarnas Balikpapan,” ujarnya.

Dari aspek tempat menurut kajian dari Basarnas diakui Thamrin lokasi eks Damkar di jalan Pemuda, Tanjung Redeb itu sudah sangat strategis, baik dari segi bangunan dan luas tempat parkir yang dinilai sudah cukup untuk memarkirkan armada yang akan digunakan untuk menjalankan tugas pertolongan dan pencarian.

“Kalau di lokasi lama, kurang tepat mengingat Basarnas sendiri banyak mempunyai armada penanggulangan bencana, baik di laut maupun yang ada di darat, itu yang perlu tempat yang strategis, kemudian kalau lokasinya dekat kota lebih mudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah khususnya BPBD,” jelas Thamrin.

“Terkecuali ke depan ada pengembangan lagi mau buat kantor disini (Berau) ya mungkin Pemda bisa menyiapkan lahan dan Basarnas yang akan bangun,” tutupnya.

Sementara itu, Koordinator Unit Siaga Basarnas Berau Andi Irawan menyebut, meski unit siaga untuk wilayah kerja Kabupaten Berau masih baru namun untuk antisipasi dan kesiapan personel Basarnas tetap harus siap ketika ada musibah.

“Ini baru pertama untuk penempatan di Berau yang terdiri dari lima personel dan beberapa peralatan, untuk Berau sendiri ini kita lihat laka air cukup tinggi terutama di seputaran kepulauan Derawan dan sekitarnya termasuk di kawasan muara sungai,” ungkapnya.

“Untuk alat yang kita gunakan untuk di Berau sementara ini adalah 1 unit perahu karet, 1 unit truk pengangkut personel dan peralatan ketinggian dan alat selam,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel