PLN DATANGKAN PEMBANGKIT DIESEL BEKAS PAKAI KE TANJUNG BATU UNTUK PASOK LISTRIK KASAI

ANEWS, Kasai – PT. PLN (Persero) sebagaimana rencananya akan memasok listrik ke Kampung Kasai dan sekitarnya dari mesin pembangkit diesel yang akan dipasang di Tanjung Batu. Namun, menurut Hendra Irawan yang disampaikan ke ANews dan sudah dimuat di pemberitaan ANews, Selasa, 27/10 lalu, bahwa mesin diesel pembangkit itu harus di-overhaul terlebih dahulu sebelum digunakan. Artinya mesin itu diesel bekas pakai yang didatangkan dari Tanjung Selor, karena stok diesel bekas banyak tidak terpakai disana, karena di Tanjung Selor sudah terpasang banyak pembangkit besar.

Kaur Perencanaan Kampung Kasai, Muhammad Sail saat dikonfirmasi ANews, Selasa, 24/11 mengatakan akan mencari tahu akan keberadaan mesin diesel yang dikabarkan sudah datang itu.

Menurut Erwan, anggota “Garuda Muda” Kampung Kasai sangat disayangkan bila PLN mempergunakan mesin bekas, mengingat masyarakat Kasai sudah sangat lama menanti adanya aliran listrik masuk ke wilayahnya, tentunya sangat berharap PLN menyiapkan mesin diesel yang handal dan baru untuk menjamin pasokan listrik tidak sering mengalami hambatan dan terhenti akibat faktor kondisi mesin diesel pemasok tersebut.

Baca juga: Kapan Listrik PLN Tersambung ke Kampung Kasai?

“Janganlah PLN melihat sepele masalah listrik ini, puluhan tahun kami sudah menunggunya akan tetapi hanya disiapkan mesin diesel bekas, meskipun di-overhaul, tetapi kan kondisinya pasti tidak sama dengan mesin baru,” tegasnya.

Seperti diketahui listrik masih belum menjangkau wilayah Kampung Kasai, meskipun sejak 2019 sudah terpasang tiang listrik, dan jaringan kabelnya.

Banyak juga warga masyarakat mempertanyakan ke pemerintah kampung kapan aliran listrik masuk sementara tiang listrik, jaringan kabel dan alat yang lainnya sudah terpasang tetapi belum juga beroperasi. Mereka di Kasai sehari-harinya menggunakan penerangan genset yang tidak murah biayanya setiap hari selama bertahun-tahun. (nov/jul)

Bagikan