Perumdam Batiwakkal Kunjungi BUMK Maju Bersama Kubar

A-NEWS.ID, TANJUNG REDEB – Perumda Air Minum Batiwakkal Berau melakukan kunjungan belajar ke Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Maju Bersama Kampung Penawai, Kecamatan Bongan, Kutai Barat.

Dalam kunjungan tersebut terungkap  BUMK Maju Bersama sudah dapat memberikan pelayanan kepada 251 sambungan rumah untuk 24 jam setiap harinya. Kualitas air bersihnya cukup baik terbukti dengan pemeriksaan oleh Puskesmas Kecamatan Bongan secara rutin telah memenuhi persyaratan air bersih.

Untuk kinerjanya ini BUMK Maju Bersama itu diberi penghargaan sebagai BUMDes terbaik se-Kaltim tahun 2021 kategori Pengelolaan Keuangan dan Aset.

Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Berau, Saipul Rahman mengungkapkan tujuan kunjungan ini untuk mengkaji model pendampingan pengelolaan air minum oleh Badan Usaha Milik Kampung di Kabupaten Berau.

“Kita perlu belajar tata kelola BUMK Maju Bersama  ini agar bisa kita terapkan di Kabupaten Berau. Setelah ini kami insyaAllah akan berdiskusi dengan pihak terkait di Kabupaten Berau,” ujar Saipul.

Kepala Kampung Penawai, H Nasir mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari tingginya semangat gotong royong yang dimiliki oleh seluruh warga yang merasa BUMK ini adalah milik bersama sehingga seluruh masyarakat saling bahu membahu mendukung pengembangan BUMK. Hal ini terbukti dengan antusias masyarakat yang rajin membayar rekening air dan tak ada yang menunggak.

“Masyarakat merasa BUMK ini membawa misi kepentingan bersama sehingga perlu didukung oleh semua pihak. Kami sendiri sebagai pengurus rela dibayar rendah untuk mengurus BUMK karena kami percaya ada yang lebih penting dari sekedar uang yaitu kepentingan bersama dalam pengelolaan air ini,” tuturnya. (yf)

Bagikan