Follow kami di google berita

Persiapkan Kontingen Berau Ikuti Penas KTNA di Sumatera Barat

A-News.id, Tanjung Redeb — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau tengah mempersiapkan keberangkatan peserta yang akan ikuti Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayanan XVI yang akan digelar di Kota Padang, Sumatra Barat.

Ada beberapa Organisasi Perangkat Daerag (OPD) yang bertanggungjawab menaungi sebagian besar petani dan nelayan di Kabupaten Berau. Diantaranya Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Pangan dan Dinas Perikanan.

Dari empat OPD tersebut saat ini tengah memberikan pembekalan untuk perwakilan petani dan nelayan di Kabupaten Berau untuk persiapan keberangkatan yang akan dilepas langsung oleh Bupati Berau pada Kamis (8/6/2023) mendatang.

Sekretaris Kordinator Pertanian, Herman mengatakan beberapa OPD telah melakukan pembekalan untuk para perwakilan petani dan nelayan, khususnya di Distanak pihaknya melakukan pembekalan pada hari ini. Adapun yang dibahas mulai dari barang yang dibawa, waktu keberangkatan hingga kegiatan yang akan dilakukan saat berada di Kota Padang nanti.

“Hari ini kita lakukan rapat mengenai persiapan pemberangkatan kontingen Berau, apa saja yang dibawa hingga kegiatan disana biar gak bingung saar dilokasi,” ujarnya.

Dikatakan Herman, Penas KTNA XVI ini seharusnya digelar pada tahun 2020, mengingat masih pandemi covid akhirnya dialihkan pada tahun 2023 ini.

Untuk kontingen dari Berau ada sekitar 47 orang. Diantaranya dari Dinas Pertanian sebanyak 17 orang, Dinas Pangan 10 orang, Dinas Perkebunan 11 orang dan Dinas Perikanan sebanyak 9 orang.

“Dan dilakukan pelepasan tanggal 8 Juni oleh bupati, kita berangkat tanggal 9 Juni dari Berau langsung ke Kota Padang,” katanya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan pertemuan besar antara petani dan nelayan se-Indonesia ini dapat memberikan dampak positif bagi sektor perikanan dan pertanian di Kabupaten Berau, Karena pertemuan ini petani dan nelayan dapat bertukar informasi dengan sesamanya mengenai teknologi apa yang digunakan untuk memajukan sektor tersebut.

Disisi lain, para peserta yang ditunjuk menjadi perwakilan dapat memberikan pengalamannya saat berada di Kota Padang kepada para Petani dan Nelayanan yang berada di sekitarnya.

“Di sana (Kota Padang -red) akan ada pameran teknologi sektor pertanian, perkebunan serta perikanan, terus ada juga narasumber dari kementrian terkait untuk memberikan pengarahan mengenai mulai dari cara-cara modern berteknologi saat melakukan penanaman benih, panen hingga mencari jaringan dengan baik,” ungkapnya.(adv/yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel