Follow kami di google berita

Pencanangan Bulan Kunjung Perpustakaan

A-News.id, Tanjung Redeb – Bulan Kunjung Perpustakaan tingkat Kabupaten Berau tahun 2022 dicanangkan di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau, Jalan Milono, Tanjung Redeb, Jumat (7/10/2022).

Pada bulan kunjung perpustakaan tahun 2022 ini tema yang diangkat yakni Bumikan Literasi Menuju Masyarakat Berau Cerdas, Sejahtera dan Berbudaya.

Memperhatikan tema tersebut, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Berau, Yudha Budisantosa dalam sambutannya mengatakan, perpustakaan perlu membuat upaya perubahan di era digitalisasi seperti sekarang serta merubah cara pandang masyarakat yang kerap menilai perpustakaan adalah sebuah gedung hanya berisi deretan koleksi buku saja.

Namun lebih daripada itu, kata Yudha perpustakaan dapat juga mentransfer informasi dan ilmu pengetahuan kepada masyarakat secara luas. Selain itu, perpustakaan juga kata dia perlu mengikuti perkembangan zaman digital dengan bertransformasi.

Sebagaimana ada dua tema besar yang telah dikembangkan oleh perpustakaan nasional. Yakni, transformasi perpustakaan nasional untuk mewujudkan ekosistem digital rasional dan yang kedua transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Kedua transformasi itulah yang terus kami kembangkan di perpustakaan,” katanya.

Diinformasikan sebelumnya jika dalam bulan kunjung perpustakaan tahun 2022 kali ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelarnya dengan cukup meriah dengan mengadakan festival literasi yang berisi berbagai acara dan perlombaan.

Berbagai lomba yang akan diadakan mulai lomba bertutur, mendesain batik, fashion show, hafalan surah-surah pendek Al-Qur’an dan Stand Up Comedy.

Sedang untuk seminar literasinya berisi tata cara menulis dan bedah buku dengan kategori peserta yang disiapkan mulai tingkat sekolah, perguruan tinggi dan umum dengan menghadirkan bintang tamu Duta Baca Indonesia (DBI) periode 2021-2026 Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal denga nama penanya, Gol A Gong.

Tak hanya itu, Dinas Perpustakaan juga menyiapkan pameran literasi untuk perpustakaan sekolah, desa hingga peserta lainnya yang ingin menampilkan kreasi dan koleksi buku-buku yang dimiliki pada peringatan bulan kunjung perpustakaan tersebut.

“Ini sebagai upaya kita bersama-sama untuk meningkatkan kunjungan ke perpustakaan dan minat baca masyarakat, sehingga meningkatkan indeks literasi masyarakat Kabupaten Berau,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih yang secara resmi mencanangkan bulan kunjung perpustakaan menuturkan, agenda yang dilaksanakan tiap setahun sekali ini bisa kembali digelar dengan sangat semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Apalagi dengan digelarnya berbagai perlombaan dan agenda yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat tentu saja, kata Bupati selaku pemerintah daerah sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut.

“Saya mengajak kepada semuanya mari kita bersama-sama, kita sukseskan bulan kunjung perpustakaan di tahun 2022 ini,” katanya.

“Besar harapan saya, bulan kunjung perpustakaan ini tidak hanya terlaksana sebagai seremoni belaka, tetapi menjadi momentum sebagai penguatan semangat pembudayaan literasi di Bumi Batiwakkal,” tambahnya.

Sebagaimana jadwalnya, Festival literasi tersebut akan digelar selama 2 Bulan. Dimulai pada 7 Oktober dan berakhir pada 30 November 2022. Agar lebih meriah, diakhir acara panitia menyiapkan kejutan berhadiah bagi pengunjung perpustakaan yang beruntung. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel