DPRD dan Dispora Akan Kawal Realisasi Sirkuit Road Race

TANJUNG REDEB – Cita-cita masyarakat Berau untuk memiliki sirkuit rode race permanen sepertinya akan segera terwujud. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan antara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau, Amiruddin, Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Berau, Noviar Ridwan.

Selain itu, rencana pembangunan sirkuit ini juga telah mendapatkan lampu hijau dari Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas.

Ketua IMI Berau, Noviar Ridwan menyampaikan, untuk lahannya sendiri Pemkab Berau tidak perlu lagi melakukan pengadaan, karena sudah ada lahan seluas 12 Hektare bersertifikat yang telah dihibahkan.

“Pemkab tidak perlu lagi pusing dengan pengadaan lahan, lahan sudah siap. Tinggal kita bangun sirkuitnya saja lagi,” ujar Noviar Ridwan.

Dirinya berharap, dengan luasan lahan yang pihaknya sediakan tersebut dapat mempermudah Pemkab Berau dan Dispora untuk segera merealisasikan pembanguan sirkuit tersebut.

“Lokasi lahan strategis dan berada di poros jalan utama. Jadi ini bisa menjadi nilai tambah juga,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman mengatakan bahwa, pihaknya akan terus berupaya untuk merelasisasi pembangunan sirkuit road race permanen di Kabupaten Berau. Pasalnya ini juga merupakan harapan dari masyarkat Berau yang memang sangat membutuhkan sirkuit ini sebagai tempat menyalurkan bakat dan hobby di bidang otomotif tersebut.

“Ini merupakan keinginan semua masyarakat Berau. Sebagai wakil dari masyarakat tentu kami mesti memperjuangkannya,” tegasnya.

Sebagai anggota DPRD Berau, Sakirman akan turut memperjuangkan pembangunan sirkuit tersebut pada pembahasan anggaran APBD nanti. Karena dirinya prihatin dengan penyelenggaraan event rode race yang selama ini digelar di jalan umum yang tentu memiliki resiko tersendiri.

“Kita akan perjuangkan pembangunan sirkuit ini di pembahasan anggaran nanti. Miris ajang olahraga yang banyak diminati masyarakat ini berlangsung di badan jalan. Resiko kecelakaan juga besar,” katanya.

Selain itu, Kepala Dispora Berau, Amiruddin mengatakan, rencana pembangunan road race awalnya akan dibangun di sekitar stadion mini Olympic di Teluk Bayur. Namun karena ada kendala pembebasan lahan disana, rencana tersebut tidak bisa dilakukan. Dengan adanya hibah lahan dari pengurus IMI Berau, pihaknya melakukan pemaparan hibah tersebut untuk selanjutnya mendapatkan penetapan lokasi dari Bupati Berau.

“Kita akan tindaklanjuti dan langsung menghadap bupati,” tuturnya.

Dirinya juga mengapresiasi niat baik dari pengurus IMI Berau yang terus memperjuangkan pembangunan sirkuit road race tersebut sampai menghibahkan lahan seluas 12 Hektare. Untuk merealisasikan hal tersebut, Amiruddin juga meminta dukungan semua pihak termasuk lembaga DPRD Berau.

“Hal terpenting sekarang penetapan lokasi yang ditandatangani bupati kita. Dalam waktu dekat saya akan komunikasikan dengan beliau. Akhirnya sirkuit tersebut juga akan menjadi asset daerah ketika nanti sudah terbangun. Tentunya bisa jadi penambahan PAD bagi Kabupaten Berau,” pungkasnya. (adv)

Bagikan