Panwas Dilantik, Bupati Pesan Jaga Netralitas

A-News.id, Tanjung Redeb – Hawa pesta demokrasi tahun 2024 mendatang sudah mulai tercium. Panitia pengawas pemilu di tiap kecamatan pun atau Panwascam pun kini sudah dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Berau.

Pelantikan tersebut di gelar di salah satu ball room hotel di Tanjung Redeb, Jumat (28/10/2022) siang sekira pukul 14.00 Wita dengan disaksikan oleh Bupati Berau Sri Juniarsih dan perwakilan forum koordinasi pimpinam daerah lainnya.

Ketua Bawaslu Berau Nadirah menyatakan, ada sebanyak 39 orang Panwascam yang dilantik, yang dimana pada 13 Kecamatan se-Kabupaten Berau hanya dipilih masing-masing 3 orang.

Dengan demikian melalui pelantikan tersebut, 39 orang tersebut sudah resmi menjadi pengawas pemilu. Serta telah diwajibkan untuk menjalankan tugas dan amanah sesuai dengan undang-undang salah satunya adalah bersifat integritas dan netralitas.

“Harus integritas serta sudah bisa menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada salah satu calon,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Nadirah menyampaikan tahun 2024 mendatang tugas yang dibebankan oleh pengawas pemilu sangatlah berat karena akan mengawasi pemilihan umum secara serentak.

“Dengan adanya saudara-saudari yang telah dilantik bisa membantu kerja kami (Bawaslu) yang ada di Kabupaten,” ujarnya.

“Saya berharap dengan panwas yang sudah terbentuk di 13 kecamatan bisa bersinergi dengan stakeholder terkait di tingkat kecamatan,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Berau Sri Juniarsih mewakili pemerintah daerah berpesan kepada para pengawas kecamatan yang sudah dilantik bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengawal, mengawasi dan mensukseskan setiap tahapan pemilu yang akan datang.

Apalagi kata Bupati pesta demokrasi tersebut tinggal 1 tahun lagi, untuk itu dengan waktu yang sangat singkat tersebut, panwas terpilih bisa menyiapkan segala hal baik sarana dan prasarana. Untuk itu, Bupati berpesan para panwas sudah mulai bergerak dan menyusun langkah strategi.

“Saya berpesan kepada saudara-saudari sekalian untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, teruslah berkoordinasi dengan instansi terkait, jalin sinergitas yang padu, laksanakan tugas dengan seadil-adilnya dengan tetap tidak condong kepada salah satu partai,” katanya.

“Yakinlah bahwa setiap amanah yang bapak-ibu lakukan akan dipertanggung jawabkan bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat,” sambung Bupati. (mik)

Bagikan