MESTINYA PELAKSANA PROYEK JALAN & KONSTRUKSI DI WILAYAH BERAU ADALAH KONTRAKTOR LOKAL

H. ABIDINSYAH

ANEWS, Berau – Selama ini banyak kontraktor luar sebagai pelaksana pekerjaan pembangunan jalan umum dan pekerjaan konstruksi di Wilayah Kabupaten Berau yang dinilai kurang menyerap tenaga kerja lokal Berau dan tidak banyak memberi nilai tambah bagi peningkatan ekonomi masyarakat lokal, karena mereka mendatangkan banyak tenaga kerja dari luar.

Bahkan ada diantaranya yang ‘menipu’ supplier bahan baku usaha lokal untuk memenuhi kebutuhannya, dengan tidak membayar tagihan hutangnya, sebagaimana yang disampaikan kepada ANews Rabu, 4/11 oleh H. Abidinsyah, seorang tokoh masyarakat dan juga pengusaha Berau penyuplai bahan baku seperti batu split, kayu dan alat berat serta berbagai jenis kendaraan truk maupun SUV.

“Saya saja pernah ditipu, mereka pesan batu dan kayu tetapi tidak dibayar,” ujar H. Abidin.

Menurut H. Abidin sudah saatnya kedepan, kontraktor-kontraktor pelaksana pekerjaan besar seperti jalan, jembatan dan irigasi maupun konstruksi diberikan kesempatan kepada pengusaha lokal, agar perputaran ekonomi di daerah tumbuh dan berkembang, menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal, menghidupkan mitra-mitra usaha lainnya seperti para supplier lokal yang menyediakan logistik, sembako, bahan penunjang proyek seperti semen, batu split, pipa, besi, alat berat, truk, kendaraan SUV, LV dan lain sebagainya, yang pada gilirannya akan memberikan multiflyer efek peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Berau secara luas.

Kapan lagi Berau bangkit dan berkembang membangun daerah sendiri dengan memanfaatkan SDM dan sumber daya peralatan serta sumber daya penunjang lainnya yang original dari Berau sendiri?

Terlepas apakah anggaran proyek itu berasal dari APBN, APBD Provinsi maupun APBD Berau sendiri sepanjang pekerjaan itu ada di wilayah Kabupaten Berau, sudah sewajarnya memberikan kesempatan atau prioritas pertama kepada para pengusaha/kontraktor lokal yang menjadi pelaksananya. Ini juga untuk menghindari timbulnya kecemburuan sosial para kontraktor lokal terhadap perusahaan-perusahaan diluar BUMN yang melaksanakn pekerjaan di kabupaten Berau.(jul/sya)

Bagikan