Follow kami di google berita

Mengoptimalkan Potensi Wisata dengan Fasilitas yang Memadai

Pulau Maratua
Pulau Maratua

A-News.id, Tanjung Redeb — Keindahan panorama Pulau Derawan dan Maratua tidak perlu diragukan lagi. Setiap tahun, ribuan pengunjung datang untuk menikmati suasana pantai di sana. Namun, menurut Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga, masih ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki dan ditambahkan di balik keindahannya.

“Contohnya adalah fasilitas penunjang, pembenahan dermaga, fasilitas kamar kecil, kebersihan, dan beberapa hal lainnya,” katanya.

Pembenahan yang terus dilakukan perlu partisipasi berbagai pihak, oleh karena itu perlu adanya inventarisasi terhadap aset sarana dan prasarana yang ada pada kedua objek wisata tersebut.

“Agar wisatawan merasa nyaman dan pulang dengan berkesan,” ungkapnya.

Selain itu, kata Saga, dengan melakukan inventarisasi, pihak pemerintah dapat mengetahui fasilitas pendukung mana yang perlu diperbaiki, baik di Pulau Maratua maupun Pulau Derawan.

“Karena jika fasilitas yang tersedia terpenuhi, hal ini akan berdampak pada para wisatawan yang akan berkunjung,” jelasnya.

Pemkab Berau juga diharapkan untuk mengatur sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar area pariwisata, agar memiliki efek ekonomi yang berkelanjutan. Wakil rakyat ini meminta agar masyarakat yang tinggal di area pariwisata dapat memanfaatkan potensi alamnya agar tidak hanya menjadi penonton.

“Harapannya, warga setempat juga dapat menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi di kawasan pariwisata. Sehingga yang mendapatkan manfaat bukan hanya investor, tetapi juga masyarakat lokal,” katanya.(yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel