Follow kami di google berita

MASALAH SISTEM DRAINASE PERLU PERHATIAN SERIUS BUPATI BERAU

ANEWS, Berau – Masalah saluran drainase yang diduga sampai saat ini belum terintegrasi dengan baik, khususnya di kota Tanjung Redeb dan sekitarnya, telah menyebabkan meluapnya air di saluran parit itu sehingga berakibat tidak dapat tersalurkannya dengan cepat genangan air di jalan umum pada saat hujan deras dan ini menjadi langganan setiap banjir yang terjadi di beberapa titik jalan.

Hal itu terlihat di Jalan Iswahyudi Tanjung Redeb, Jumat, 5/3/2021 dan beberapa titik jalan lainnya di kota Tanjung Redeb. Mestikah ini terus terjadi.

Dinas PU harus sungguh melakukan pengawasan dan menyikapi permasalahan yang selalu terjadi di sat hujan. Masyarakat selalu bertanya apanya yang salah, perencanaannya kah, atau pelaksanaan proyek pembangunan drainase itu yang tidak sesuai dengan perencanaan.

Sudah semestinya dinas terkait, termasuk BPK menyoroti masalah pekerjaan drainase ini,  yang setiap datangnya musim penghujan, setiap tahun selalu menjadi langganan banjir di atas permukaan jalan umum karena airnya tidak dapat terserap dengan cepat mengalir ke drainase-drainase tersebut.

Diharapkan, dalam perencanaan proyek drainase berikutnya sudah harus memikirkan tingkat levelisasi dan sistem integrasi antar draninase yang ada dapat dilakukan dengan baik, terkoneksasi sehingga mampu menyalurkan volume air di saluran maupun yang jatuh di permukaaan jalan saat hujan deras turun, dengan cepat ke arah saluran muara pembuangan ke sungai terdekat.

Semoga ini menjadi perhatian yang serius bagi pejabat Bupati dan Wakil Bupati Berau yang baru dalam rangka membangun dan meningkatkan kemajuan Berau lebih baik lagi kedepan. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel