Follow kami di google berita

LAHAN MAKAM KORBAN COVID-19 HAMPIR PENUH

ANEWS, Tanjung Redeb – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Berau semakin meresahkan, dan tak jarang korban karena wabah virus coorna ini juga banyak yang berjatuhan, sementara itu kondisi lahan pemakaman khusus yang ada di Jalan Bukti Ria, Kelurahan Gunung Panjang, Tanjung Redeb juga sudah hampir penuh.

“Saya belum terima laporan lagi, tapi dari BPBD dan PU sudah kesana (Pemakaman khusus covid-19 taman ria, red) dan itu mau dikeruk namun curam betul, jadi itu mungkin tidak bisa diperlebar lagi dan sehingga saya sudah perintahkan untuk cari lokasi lain,” ucap Bupati Berau Agus Tantomo, Jumat (05/01/2021).

Walaupun disebutkan masih sanggup menampung dibuat sebanyak 6 makam, namun untuk mengantisipasi kemungkinan bertambahnya korban, maka lahan kuburan alternatif sudah dipersiapkan yang dari hasil survei lokasinya masih di sekitaran Jalan Gunung Panjang.

“Jadi kalau semisal ada korban lagi, maka akan ditempatkan di lokasi yang baru itu, kalau yang sekarang sudah penuh,” ujarnya.

Untuk spesifikasi korban covid-19 itu dijelaskan Agus, harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain adalah tidak bergabung dengan makam umum, jauh dari pemukiman, dan tidak menimbulkan kontaminasi.

Terpisah, Kepala BPBD Berau Thamrin mengatakan, untuk perluasan juga masih akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau selaku yang mempersiapkan lahan.

“Kalau memang masih ada lahan disitu tapi perlu diratakan maka kita akan berkoordinasi dengan PU,” katanya.

“Untuk luasan lahan setelah diratakan itu belum bisa diprediksi dan masih harus dilakukan peninjauan lagi terlebih dahulu,” sambung Thamrin.

Data yang dirilis Dinas Kesehatan, per Jumat, (05/01/2021) total kasus terkonfirmasi ada sebanyak 2.566 kasus dengan 440 orang diantaranya masih dilakukan perawatan, dan 2086 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan untuk kematian sudah mencapai angka 40 orang. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel