Kolaborasi Dengan Swasta, Jalan Kampung Suka Murya-Purnasari Jaya Diperbaiki

A-News.id, Tanjung Redeb – Perbaikan ruas jalan penghubung Kampung Suka Murya menuju Kampung Purnasari Jaya, Kecamatan Talisayan telah dimulai. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Preservasi Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, Junaidi.

Dikatakannya, perbaikan jalan tersebut tak memakan anggaran besar. Karena pihaknya berkolaborasi dengan pihak swasta yang ada di sekitar kecamatan tersebut. Di mana untuk peralatan berat, operator dan pengawas dibantu dari Dinas PUPR melalui UPTD Pesisir.
“Sedangkan BBM, material dan mobilisasi dibantu oleh pihak swasta. Kalau dihitung biaya perbaikan sekitar Rp 520 juta, tetapi dengan dikerjakan kolaborasi menjadi lebih murah,” ujarnya.

Jalan penghubung Kampung Suka Murya – Purnasari Jaya – Eka Sapta – Sumber Mulya, Kecamatan Talisayan ini memang sedang difokuskan untuk menjadi jalan alternatif bagi pengendara roda empat selama perbaikan Jembatan Talisayan dilakukan.

Untuk bagian ruas penghubung jalan Kampung Suka Murya – Kampung Purnasari Jaya, terdapat cukup banyak titik rusak. Yakni sebanyak 30 titik kerusakan sesuai hasil tinjauan lapangan dengan panjang sekitar 4 Km. Sehingga memerlukan perbaikan dan perlu penanganan segera, itu juga disebut Junaidi mengingat akses tersebut cukup padat lalu lintasnya dan menghindarkan terjadinya kerusakan yang lebih parah.
“Maka itu perbaikan secepatnya bisa diselesaikan. Penanganan sementara, menutup titik kerusakan jalan menggunakan material tanah pilihan,” jelasnya.

“Jika kondisi cuaca mendukung dan material siap, diperkirakan sekitar satu minggu pekerjaan perbaikan jalan bisa diselesaikan,” sambungnya.
Lanjut Junaidi, jalan penghubung tersebut merupakan ruas jalan kabupaten dengan panjang jalan sekitar 26 Km, yang eksistingnya berupa aspal dari pekerjaan proyek bertahap periode tahun 2012 hingga 2017. (Adv/Poh)

Bagikan