Keamanan Transportasi Penyeberangan Dipertanyakan

A-News.id,TANJUNG REDEB – Sekretaris Komisi III DPRD Berau, M Ichsan Rapi, pertanyakan sisi keamanan transportasi penyeberangan kendaraan dan orang saat penutupan jembatan Sambaliung, untuk perbaikan nanti.  Menurutnya, hal itu sangat penting dilakukan, dievaluasi dan diantisipasi semua kemungkinan terburuknya.

Intensitas kendaraan dan orang, baik roda 2 maupun 4 dipastikan akan sangat tinggi. Ada ribuan kendaraan yang melintasi jembatan setiap harinya. Jumlah kendaraan yang akan menggunakan transportasi air yang disediakan, tentu tidak akan jauh berbeda dengan saat ini. Oleh karena itu, perlu diantisipasi terjadinya penumpukan yang dapat memicu persoalan, apalagi sampai berakibat kecelakaan.

Sisi keamanan penyeberangan menurutnya merupakan prioritas utama. Karena menyangkut masalah keselamatan penumpang. Sisi keamanan ini yang menurut politisi gerindra ini wajib dipenuhi sebelum dimulai operasinya nanti. Hal itu, disampaikan anggota dewan yang akrab disapa Iccang ini, saat dimintai komentarnya oleh awak media.

“Kalau saya, jembatan Sambaliung, kita sudah lihat, terakhir mereka bilang chambersnya turun, sekarang minta ketegasan dan kejelasannya PUPR Kaltim, itu bisa bertahan berapa lama,” ungkapnya.

Sebab, jika masih bertahan  1 atau 2 tahun, menurutnya akan lebih baik jika Pemkab membangun jembatan kelay 3, yang sudah pernah direncanakan sejak lama.

“Ga usah ditutup, kita bangun jembatan Kelay. Itu kita bangun selesai, ini sekarang sudah polemik, orang pindah ke tanjung pindah ke Sambaliung, anak sekolah sudah ribut ada yang mau online ada yang tidak, pertanyaannya apakah penyeberangan itu sudah aman,” tanyanya lagi.

Seperti saat meninjau dermaga yang ada di depan Perpustakaan kabupaten, menurutnya dermaga yang ada dinilai terlalu terjal.

“Saya sendiri misalnya anak saya mau lewati itu, siapa yang mau tanggung jawab lewati itu,karena harus betul-betul aman untuk memberikan jaminan kepada penggunanya,” lanjutnya.

Iccang meminta, agar penyediaan dermaga, serta alat transportasi penyeberangan, jika memang harus dan akan segera dilakukan penutupan jembatan Sambaliung, untuk memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penggunanya. terutama untuk anak-anak sekolah.

“Jadi saya minta dengan betul-betul dijaga keselamatan, keamanan daripada pengguna penyeberangan tersebut, terutama anak-anak sekolah,”tutupnya. (*)

Bagikan