Follow kami di google berita

Kawal Usulan Formasi Pengadaan ASN, Bupati Hadir Langsung di Rakornas

A-news.id, Jakarta  – Pemerintah Kabupaten Berau terus berupaya memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) baik formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), maupun usulan pengangkatan pegawai tidak tetap (PTT) menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, terus mengawal proses pengusulan formasi pengadaan ASN Pemkab Berau. Sri Juniarsih bahkan hadir langsung pada rapat koordinasi nasional (Rakornas) persiapan pengadaan ASN 2024, yang dipimpin langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Abdullah Azwar Anas, di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (14/3/2024). Bupati sekaligus menerima surat Menteri PANRB tentang persetujuan prinsip kebutuhan pegawai ASN di jajaran Pemerintah Kabupaten Berau.

Dalam sambutannya, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa rekrutmen ASN kali ini sangat penting dengan prioritas pemenuhan pada talenta digital, Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), serta SDM ASN untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).
Dijelaskannya pemerintah melalui Kementerian PANRB telah menetapkan sebanyak 1.289.824 kebutuhan ASN nasional tahun 2024.

Jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk 75 kementerian/lembaga sebanyak 427.850 dan 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174.

“Pada tahun ini pemerintah membuka ruang untuk fresh graduate yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibanding sebelumnya. Tentu pemerintah juga tetap berkomitmen menuntaskan penataan teman-teman honorer,” ungkapnya.

Bupati Sri Juniarsih Mas, menjelaskan keberadaan dan peran ASN saat ini sangat penting dalam mendukung roda pemerintahan yang optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu pemenuhan ASN sesuai dengan formasi yang dibutuhkan tentu diharapkan bisa diwujudkan, baik ASN pada tenaga pendidikan, kesehatan maupun tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan penunjang kegiatan di setiap organisasi perangkat daerah.

“Kita berharap pemenuhan ASN ini akan semakin mengoptimalkan kerja pemerintah. Termasuk kita memperjuangkan para PTT yang telah masuk dalam basis data Badan Kepegawaian Negara secara bertahap bisa terangkat menjadi PPPK,” ucapnya.

Sesuai dengan arahan Menteri PANRB, dimana pemerintah menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate yang akan menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

Arah kebijakan rekrutmen ASN talenta digital didesain berdampak mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM, perdagangan, dan sebagainya.

Untuk itu Bupati Sri Juniarsih Mas mendorong para calon ASN untuk terus meningkatkan kompetensi sehingga mampu memenuhi apa yang dibutuhkan pemerintah saat ini. “Saya mendorong ASN maupun para calon ASN untuk terus meningkatkan kompetensi, berkreatifitas dan terus berinovasi,” ucapnya.

Untuk diketahui Pengusulan Pengadaan ASN Kabupaten Berau tahun 2024 dari formasi CPNS tenaga kesehatan sebanyak 176 dan tenaga teknis sebanyak 274. Usulan formasi PPPK bagi pegawai tidak tetap yabg telah masuk dalam database BKN formasi tenaga guru sebanyak 622, tenaga kesehatan sebanyak 113 dan tenaga teknis sebanyak 1255.

“Jumlah formasi 100 persen diterima sesuai usulan dari Pemerintah Kabupaten Berau,” ungkap Analis SDM Aparatur Muda BKPSDM Berau, Indriati, yang turut mendampingi Bupati Berau di Rakor Persiapan Pengadaan ASN 2024. (/adv/RN/Prokopim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel