Follow kami di google berita

KAPAN LISTRIK PLN TERSAMBUNG KE KAMPUNG KASAI?

Aparatur kampung

ANEWS, Kasai – PT.PLN (Persero) masih belum beroperasi di wilayah Kampung Kasai, meskipun sejak 2019 sudah terpasang tiang listrik, dan jaringan kabelnya.

Kaur Perencanaan Kampung Kasai, Muhammad Sail saat dikonfirmasi ANews, Selasa (27/10/2020) mengatakan secepatnya akan melakukan koordinasi kepada Pihak PLN kabupaten Berau terkait aliran listrik PLN di Kampung Kasai belum juga masuk.

Banyak juga warga masyarakat mempertanyakan ke pemerintah kampung kapan aliran listrik masuk sementara tiang listrik, jaringan kabel dan alat yang lainnya sudah terpasang tetapi belum juga beroperasi.

tiang listrik yang telah dibangun di Kampung Kasai

“Sekitar kurang lebih 1 tahun sejak pengusulan pemasangan tiang listrik dan alat lainnya belum juga ada respon dari pihak PLN tentang tindak lanjut kapan beroperasi dan kendala apa sehingga PLN di wilayah kampung kasai belum juga beroperasi sehingga kami tidak bisa menjawab pertanyaan dari warga masyarakat,” ungkapnya.

Hamzah, warga Kampung Kasai saat dimintai pendapatnya terkait belum masuknya aliran listrik PLN, mengatakan masyarakat sangat menanti-nanti listrik PLN.

“Kapan menyala, karena dari segi pendidikan anak-anak kami yang bersekolah membutuhkan penerangan untuk belajar, apa lagi di masa pandemi ini para siswa sangat membutuhkan fasilitas listrik karna kebanyakan mereka belajar di rumah dengan fasilitas media elektronik. Kalau habis cas baterai, mereka tidak bisa belajar,” beber Hamzah.

Seperti diketahui, masyarakat Kasai sehari-harinya menggunakan penerangan diesel, yang dinyalakan dari pukul 18.00 sore sampai pukul 06.00 pagi.

“Kami masyarakat Kampung Kasai menggunakan penerangan mesin diesel (dompeng) akan tetapi menyala dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi. Dari segi pengeluaran kami sangat besar karena satu malam kami harus membayar Rp 15 ribu, jika dihitung perbulan kami bayar Rp 450 ribu. Dengan keadaan kami seperti ini, kapan kami masyarakat khususnya Kampung Kasai menjadi kampung yang berkembang? Dan kami ini mayoritas nelayan, kita tahu sendiri keadaan nelayan itu seperti apa, kadang dapat banyak kadang tidak dapat sama sekali, apalagi sekarang di masa pandemi ini lebih banyak pengeluaran dari pada pendapatan. Harapan kami mudah mudahan listrik di kampung kami cepat menyala sehingga mengurangi beban kami,“ tambahnya.

Secara terpisah, Hendra Irawan, Manajer PT. PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Berau saat dimintai tanggapannya mengatakan bahwa mudah-mudahan awal tahun depan sudah selesai.

“Sekalian listrik desa di Talisayan, Batu Putih dan Tembudan,” tambah Hendra.

Saat ini sudah proses persiapan infrastruktur pondasi di Tanjung Batu.

“Mesin rencananya kami ambil dari Tanjung Selor yang sebelumnya akan kami overhaul dulu agar siap operasi ketika sudah masuk ke Tanjung Batu, karena disana sudah banyak pembangkit besar. Ada beberapa mesin di PLTD disana yang yang rencananya kita pindahkan ke Tanjung Batu untuk men-supply Kasai, “ terangnya.

Kita semua berharap pihak PLN segera menindaklanjuti penyambungan aliran listrik ke Kampung Kasai dalam waktu yang terlalu lama lagi sehingga tidak ada lagi wilayah di Kabupaten Berau yang belum tersambung aliran listrik. (anshori)

Bagikan

Subscribe to Our Channel