Follow kami di google berita

Jembatan Penghubung Kampung Teluk Sumbang Tak Bisa Dibuat Permanen, DPUPR Siapkan Design Khusus

A-News.Id, Tanjung Redeb – Jembatan penghubung Kampung Teluk Sumbang yang baru saja mengalami kerusakan akibat diterjang banjir, akan mendapat penanganan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, Taupan Madjid.

“Ada grand design untuk Teluk Sumbang yang juga berkaitan dengan infrastruktur jalan dan jembatan,” ujarnya.

Untuk penangananya disebutkan ada penanganan jangka pendek dan menengah. Jembatan sementara yang dibangun akan ditambahkan dengan pagar pembatas lagi di area sekitar dengan menggunakan batang dari pohon kelapa untuk menghalau batang pohon yang hanyut di sungai tersebut.

“Jangka menengah kita akan melakukan review design. Tahun 2019 sudah ada review design, namun kita akan lakukan ulang,” tuturnya.

Ia mengakui, karena beberapa pertimbangan untuk membangunkan jembatan permanen tidak dapat terealisasi, namun tetap akan dibangun jembatan yang sifatnya adalah menjadi jembatan pariwisata atau jembatan gantung.

“Karena hanya ada 15 KK di sana tidak bisa dibangunkan jembatan permanen. Karena biaya yang cukup mahal. Tapi tetap kita akan bangun, jembatan gantung yang akan kita design agar dapat dimanfaatkan menjadi tempat wisata juga,” terangnya.

Ia menjelaskan, jembatan gantung yang dibuat nanti dikhususkan untuk pejalan kaki saja, sedang untuk masyarakat yang ingin mengangkut hasil tani atau kebun akan pihaknya jalan penghubung kembali ke arah Kampung Teluk Sumbang.

“Jembatan gantungnya kita khususnya untuk pejalan kaki, untuk kendaraan roda empat kita akan buatkan jalur penghubung yang sedikit memutar kembali ke arah kampung,” pungkasnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel