Jangan Lagi Ada Rencana Pembangunan Tak Matang

TANJUNG REDEB – Masa tahun anggaran 2022 akan segera habis. APBD Berau untuk tahun 2023 sudah bisa diestimasikan jumlahnya melalui perencanaan dalam rapat pembahasan sebelumnya. Anggota komisi III DPRD Berau, Suriansyah mengingatkan, bahwa pengelolaan keuangan daerah juga memerlukan kreativitas pengguna anggaran.

Sehingga menurutnya, seluruh pengguna anggaran seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, tidak hanya sekedar menjalankan rutinitas tahunan. Apalagi hanya sekedar menggugurkan kewajiban penyerapan anggaran.

Menurutnya, perlu ada perubahan pada sistem perencanaan pembangunan di Berau. Ia menilai, masih ada temuan-temuan soal pembangunan yang tidak maksimal.

“Seperti misalnya perencanaan tidak matang, ini masih terjadi, dampaknya bisa pada pembangunan yang dilaksanakan misalnya proyek fisik tidak bisa dimanfaatkan atau terbengkalai,” jelasnya.

Politisi Hanura ini menegaskan, perlu kembali dilakukan revolusi mindset pengelola anggaran pemerintah di jajaran Pemkab Berau. Mindset bergantung pada nilai atau besaran anggaran yang diberikan juga masih terlihat. Sehingga ada OPD yang masih mengeluh kekurangan anggaran. Namun saat diberikan anggaran, daya serapnya rendah. Hal ini jadi masalah.

“Menimbulkan Silpa dan sebagainya,” sambungnya.

Ia juga menyebutkan masih ada pembangunan yang mangkrak, tidak tuntas, tidak bisa dimanfaatkan dan lain-lain hal. Penyebabnya disebutkannya juga bervariasi. oleh karena itu, ia menyarankan, untuk eksekutif terutama OPD pengguna anggaran, untuk lebih mematangkan perencanaan. Tuntaskan perencanaan dari awal agar output kegiatan benar-benar maksimal dan bermanfaat.

Suriansyah berharap, 2023 mendatang, seluruh kegiatan yang bersumber dari APBD Kabupaten benar-benar dapat dilaksanakan dengan benar, melalui perencanaan matang.

“Terutama tidak sekedar seremonial, atau rutinitas tahunan, asal ada kegiatan, asal ada serapan anggaran, tetapi tidak menunjukan komitmen kuat dalam pengelolaan yang bermuara pada kepentingan masyarakat, saya harap tidak seperti itu lagi,” tutupnya.(*)

Bagikan