Follow kami di google berita

Hepatitis Akut Misterius Belum Terlihat Di Kaltim, Masitah Minta Masyarakat Tetap Waspada

Anews.id, Samarinda– Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi Kalimantan Timur, Masitah meminta agar seluruh orang tua meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah penyebaran penyakit hepatitis akut misterius.

Pasalnya, hingga saat ini penyakit hepatitis akut misterius ini belum ditemukan di Kalimantan Timur.

Penyakit ini (Hepatitis) ini menyerang anak-anak hingga orang tua, khususnya ibu harus lebih peduli dengan menjaga kebersihan anak-anaknya,”ungkap Masitah saat dihubungi melalui sambungan seluler. (9/5/2022).

Oleh sebab itu, Masitah menambahkan langkah awal yang bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Salah satunya yakni memilih makanan yang bersih dan menciptakan rumah yang sehat lingkungan.

“Salah satunya menghindari penyakit saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang,” tambahnya.

Lanjutnya, langkah pencegahan juga dapat dilakukan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), cuci tangan, mengolah makanan dengan bersih, dan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, dirinya meminta ibu yang memiliki anak bayi agar memberikan ASI eksklusif dan memberikan makanan bergizi bersih dan sehat.

“Pandemi belum usai, masyarakat saat ini harua cerdas dengan terus  mematuhi prokes,” ucapnya.

Kendati itu, Masitah meminta kepada masyarakat untuk dapat menyaring informasi akurat terkait Hepatitis Akut ini hanya melalui media-media resmi yang telah disediakan baik dari Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten dan Kota.

“Kami juga disini terus memberikan komunikasi dan informasi kepada masyarakat yakni menghimbau untuk PHBS. Penyakit ini baru dimasyarakat, sehingga memang harus bekerja extra semua jajaran kesehatan untuk mengedukasi masyarakat,” pungkasnya. (Yud/adv/Kominfokaltim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel