Follow kami di google berita

Gayam Capai Zero Covid-19 dan Kembali Jadi Kelurahan Zona Hijau Pertama se-Kecamatan Tanjung Redeb

A-News.id, Berau – Kelurahan Gayam sekali lagi berhasil mencapai Zero Covid-19 per 20 Oktober 2021 yang berarti wilayah Kelurahan Gayam kembali yang pertama untuk yang kedua kalinya menjadi Zona Hijau se-Kecamatan Tanjung Redeb. Sementara Kecamatan Tanjung Redeb sudah di Zona Kuning dengan total 18 kasus covid yang masih dirawat. Hal itu disampaikan Iskandar Zulkarnain, Lurah Gayam, Kamis, 21/10/2021.

Dari Rilis Data Aktif Covid-19 Dinas Kesehatan Berau per 20/10/2021, kasus covid-19 yang dirawat di Kelurahan Gayam 0, Kelurahan Bugis 3, Kelurahan Gunung Panjang 2, Kelurahan Karang Ambun 3, Kelurahan Sei Bedungun 1, dan Kelurahan Tanjung Redeb 9 kasus.

“Alhamdulillah kita per tanggal 20/10/2021 kemaren sudah memasuki Zero Covid-19, zona kita sudah zona hijau, berkat gotong royong partisipasi warga beserta teman-teman Satgas covid-19 yang selalu mengingatkan kepada warga kita, serta ketua-ketua RT selaku Satgas RT juga, kami mengucapkan terima kasih, partisipasi dan kerja sama ini mari kita pertahankan, mudah-mudahan ini bisa bertahan lama dan tidak ada lagi warga kita yang terpapar covid-19,” ujar Iskandar.

Lurah Iskandar menambahkan bahwa pencapaian itu bukan kerja pihaknya sendiri tapi semua elemen, termasuk Gayam Rescue Team yang ada di Kelurahan Gayam, dengan tingkat kesulitan dan mobilitas warga yang sulit dikendalikan, tapi mampu dilakukan dengan pencapaian zero covid-19.

“Dengan tingkat kesulitan dan mobilitas warga yang sulit kita kendalikan, namun Alhamdulillah, kita tetap menembus zero covid per tanggal 20  Oktober kemarin,” imbuhnya.

Dan sebagai antisipasi menghadapi kegiatan warga di akhir tahun, Lurah Iskandar mengatakan bahwa pihaknya meskipun sudah zero covid (zona hijau), Satgas covid Kelurahan Gayam akan tetap mengagendakan beberapa kegiatan pencegahan kepada warga Gayam seperti sosialisasi dan edukasi terkait pencegahan covid-19, khususnya menjelang libur sekolah di akhir tahun.

“Insya Allah nanti setelah ini kita akan agendakan beberapa kegiatan pencegahan, kita akan terus gencarkan sosialisasi, kita gencarkan edukasi kepada warga kita, terutama nanti menjelang libur sekolah di akhir tahun. Nah ini yang memang kita khawatirkan, kami tidak akan berhenti walaupun kita sudah Zero Covid, Satgas kita tetap akan bergerak, kita akan mempercepat penyaluran distribusi vaksinasi, artinya kita harapkan pada saatnya nanti warga kita sudah memasuki 70-80% vaksinasi sehingga di akhir tahun itu, kalau pun ada yang terpapar,  tapi tingkat fatalitynya jauh lebih ringan, itu yang kita harapkan, namun kita berharap lebih, jangan sampai ada yang terpapar,” tambah Iskandar.

Oleh karenanya pihak Kelurahan Gayam, lanjut Iskandar, akan agendakan dalam minggu-minggu ke depan ini untuk terus berkeliling di wilayah Kelurahan Gayam dalam memperkuat Satgas RT untuk melakukan edukasi dan sekaligus meyakinkan seluruh warganya, tidak terkecuali, baik anak-anak maupun orangtua.

“Bahkan sekarang yang perlu kita antisipasi, dengan dimulainya pembelajaran tatap muka di beberapa sekolah yang saat ini sudah akan dimulai per tanggal 25 Oktober untuk wilayah Kelurahan Gayam, ada SMP 4, SD 7 dan SD di jalan Andika. Mudah-mudahan protokol kesehatan tetap diterapkan di ruang sekolah,” ujarnya.

Menurut perkiraan Lurah Iskandar jumlah warganya yang sudah melaksanakan vaksinasi sekitar lebih dari 50%.

Mengakhiri penyampaiannya, Lurah Gayam berpesan mari bersama kita pertahankan, dengan tetap terapkan Protokol Kesehatan, utamanya selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan dan LAKUKAN VAKSINASI COVID-19. (red)

Bagikan

Subscribe to Our Channel