Follow kami di google berita

Dukung Swasembada Protein Hewani, Distanak Berau Launching Bank Pakan

A-News.id, Tanjung Redeb – Dalam meningkatkan kualitas dan produksi ternak, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Berau luncurkan bank pakan  guna mendukung swasembada protein hewani atau ternak.

Kepala Distanak Berau, Junaidi mengatakan sejauh ini konsumsi protein asal ternak diprediksi terus meningkat. Di Kabupaten Berau sendiri, jika dihitung rata-rata per kapita tercatat konsumsi daging secara umum mencapai 15,40 kilogram per kapita pada tahun 2022.

“Dengan adanya bank pakan ini tentunya dapat menjamin ketersediaan pakan ternak sepanjang tahun, tentunya ke depan kita akan proyeksikan agar bank pakan ini bisa diluncurkan di berbagai Kecamatan di Kabupaten Berau,” ujar Junaidi.

Program ini diharapkannya dapat menjadi program atau Gerakan masif bagi para petani dan peternak di tengah tingginya konsumsi daging peternak. Saat ini inovasi yang dikembangkan staffnya masih merujuk kepada mengembangkan hijauan untuk kebutuhan ternak.

Sementara ini katanya, bank pakan ini masih dikembangkan di UPT Pembibitan Ternak dan Pakan Ternak di Labanan, Kecamatan Teluk Bayur.

“Kedepan kita akan persiapkan data-data terkait ketersediaan pakan ternak, karena sumber makanan ternak sapi atau ternak besar adalah HPT hijau pakan ternak,” katanya.

Seiring dengan upaya peningkatan produksi dan penyediaan pakan secara berkelanjutan. Project ini diharapkan dapat dikelola dengan baik, dan dapat melakukan pembinaan dengan para peternak maupun petani agar dapat menyediakannya secara mandiri.

“Selain itu bisa menjadi komoditi usaha baru bagi para peternak,” tandasnya. (adv/yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel